Dinas PMDD Sangihe Lakukan Percepatan Realisasi Dandes di 145 Desa

Uncategorized756 views

Sangihe, jurnal6.com

Sebagai perangkat daerah teknis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (PMDD) Kabupaten Sangihe lakukan percepatan realisasi dana desa (Dandes) tahun 2023. Apalagi sudah memasuki triwulan kedua Dandes terus dipacu agar kegiatan di tingkat kampung sudah dapat dijalankan dan terbiayai oleh dana desa.

Kepala Dinas PMDD Kabupaten Sangihe, Frans Porawouw kepada sejumlah awak media mengatakan, untuk saat ini sudah ada 36 desa yang mengajukan persetujuan pembayaran dana desa 30 diantaranya tahap pencairan.

Dikatakannya, Keterlambatan realisasi dandes juga dipengaruhi sebagian desa belum memenuhi persyaratan diantaranya dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja kampung (APBkam) .

“Dana desa untuk tahun 2023 sampai dengan hari ini sudah ada 36 kampung yang melaksanakan permohonan pencairan, dan memang dari 36 kampung itu sudah ada 20 kampung yang sudah ada realisasi itu khusus dana APBN, terkait BLT maupun non BLT”, ungkap Porawouw.

“Jadi pengajuan persetujuan sudah ada 36 kampung. Memang masih banyak kampung sampai dengan saat ini jadi masalah bagi kita masih banyak kampung yang belum ada penetapan terkait kampung yang APBkam,” sambungnya.

Dia memastikan proses realisasi dana Desa tetap mengacu regulasi sehingga kedepan tidak bermasalah. Selain dana desa yang bersumber dari APBN juga didukung dengan pembiayaan dana Desa melalui APBD.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *