Siaga! Gunung Karangetang Muntahkan Lava Pijar

Nasional1,069 views

Siau, Jurnal6.com

Aktivitas magma gunung Karangetang xi Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, kembali meningkat. Akibatnya, pijaran api yang cukup besar dari lava gunung yang terletak di Kepulauan Sitaro itu menyembur tinggi dari puncak gunung.

Pusat vulkanologi dan mitigasi Bencana Geologi pun menaikkan status level II menjadi level III atau siaga, dimulai sejak Pukul 08.00 Wita.

Informasi diperoleh, hasil evaluasi aktivitas vulkanik secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas

Dalam tingkat aktivitas Level III (Siaga) masyarakat/pengunjung/wisatawan /pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 km dari kawah Utama serta 3.5 km  pada sektor selatan dan tenggara.

Pemantauan secara intensif tetap dilakukan guna mengevaluasi kegiatan Gunung Karangetang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gumngumb Karangetang, dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.(csr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *