oleh

Astaga, Mahatir Muhamad Minta Malaysia Caplok Kepulauan Riau, Ini Respon Pemerintahan Jokowi

Jakarta, Jurnal6.com

Hubungan Indonesia dan Malaysia terancam memanas. Pernyataan kontroversial mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahatir Muhamad, jadi penyebab.

STA GINOSKO

Mahatir menyebut, seharusnya Malaysia mengklaim Kepulauan Riau masuk ke dalam penguasaan Negeri Jiran.

“Kita seharusnya menuntut tidak hanya Pedra Branc, atau Pulau Batu Puteh, untuk dikembalikan kepada kita, kita seharusnya juga menuntut Singapura juga Kepulauan Riau, karena itu Tanah Melayu,” tandas Mahatir Muhamad saat berbicara dalam sebuah acara yang digelar sejumlah organisasi non-pemerintah di bawah bendera Kongres Survival Melayu di Selangor, Malaysia, pada Minggu (19/6) waktu setempat, seperti dilansir di laman Straits Times.

Dijelaskan Mahatir dalam pidato pembukaan, apa yang sebelumnya disebut sebagai Tanah Melayu sangatlah luas. Tanah itu membentang dari Tanah Genting Kra di Thailand bagian selatan hingga ke Kepulauan Riau dan Singapura, namun sekarang terbatas di Semenanjung Melayu.

“Namun, tidak ada tuntutan apa pun dari Singapura. Sebaliknya, kita menunjukkan apresiasi kita pada kepemimpinan negara baru ini yang disebut Singapura,” papar Mahatir.

Dikatakannya pula, saat ini Malaysia tidak dimiliki oleh ‘bumiputera’ karena banyak warga Melayu yang tetap miskin dan cenderung menjual tanahnya. Dia pun mendorong hadirin pada acara itu untuk belajar dari masa lalu.

“Saya bertanya-tanya apakah Semenanjung Melayu akan menjadi milik orang lain di masa depan,” imbuh Mahatir.

Ini Respon Pemerintah RI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed