oleh

Pengenalan Budaya Literasi dan Meningkatkan Ketertarikan Anak dalam Berbahasa Inggris

-Nasional-45 views

Oleh: Yeni Chaterine Naibaho
NIM: 190902103
Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, atas nama Yeni Chaterine Naibaho dengan NIM: 190902103 melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) I yang berlokasi di Panti Asuhan Devita Teresia Yayasan Nobel Pelita Anak Bangsa dan berada di Jalan Luku 1/Saudara komplek Golden Place A8, Beringin, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20126.

Praktikum ini sendiri dibimbing oleh Supervisor sekolah yaitu Ibu Dra. Tuti Atika, MSP dan dimonitor oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah yaitu Bapak Fajar Utama Ritonga, S.Sos, M.Kesos. Pelaksanaan PKL I dilaksanakan selama kurang lebih selama 3 (tiga) bulan, yaitu dari 25 Februari sampai 10 Juni 2022 dan pelaksanaan PKL dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu yaitu pada hari Selasa dan Jum’at.

Pada bulan pertama dan kedua, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan observasi ke lokasi panti asuhan dan mendata jumlah anak-anak di panti asuhan tersebut. Ada juga kegiatan seperti games, belajar, mewarnai, sosialisasi mengenai pentingnya berbahasa inggris, sosialisasi tentang bahayanya tindakan bully, bercengkrama untuk membangun kekompakan dan menjalin relasi antara praktikan dengan adik-adik di Panti, membuat kerajinan dari origami, penempelan poster dengan tema “Pentingnya Menumbuhkan Budaya Literasi”. 

Pada bulan ketiga, adanya agenda mini project bersama 1 (satu) klien berinisial FJ yang berusia 11 tahun yang memiliki permasalahan yaitu kurang lancar dalam membaca dan kurangnya sarana dan Sumber daya untuk mengembangkan ketertarikan klien dalam mempelajari bahasa Inggris. JF mengaku ingin lebih mengenal dan memperdalam dalam mempelajari bahasa Inggris akan tetapi FJ tidak tahu bagaimana caranya dan dimulai dari mana.

Yeni merancang bagaimana caranya membuat agar anak-anak di Panti semakin memilik ketertarikan untuk belajar Bahasa Inggris, seperti membuat kegiatan games, kuis, bernyanyi dan membaca lantang seputar Bahasa Inggris.

Ternyata hal tersebut mampu membuat FJ semakin tertarik untuk memperdalam Bahasa Inggris yang menarik. Dalam membantu klien untuk meningkatkan minat baca dan belajarnya, Yeni menggunakan metode casework melalui tahap intervensi secara umum atau general. Adapun tahapan penyelesaian masalah sebagai berikut:

1. Tahap Engagement, Intake dan Contract : Pada tahapan ini diawali dengan pendekatan terhadap klien seperti membangun komunikasi, kepercayaan dan relasi dengan klien serta melakukan kegiatan pembelajaran, mewarnai, menggambarkan dan mini games. Pendekatan dilakukan supaya Praktikan mendapatkan kepercayaan klien sehingga dapat dilakukan proses assessment. Dalam tahap ini praktikan menjelaskan maksud dan tujuan dan melakukan kesepakatan kontrak kepada klien bertujuan untuk membantu klien dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

2. Assessment : Tahap ini merupakan  proses pengidentifikasian yang dilakukan praktikan kepada klien di mana dalam melakukan assessment, praktikan menggunakan teknik wawancara dan tools assessment ecomap hal ini bertujuan untuk menggambarkan permasalahan klien seperti mengetahui hubungan FJ dengan orang-orang disekitarnya, mengetahui penyebab dan potensi apa yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada pada klien (FJ). Berdasarkan hasil wawancara dengan FJ Yeni menemukan bahwa FJ kurang lancar dalam membaca dan kurang berminat pada pembelajaran bahasa Inggris, dikarenakan kurangnya sarana dan Sumber Daya yang ada.

3. Planning (Perencanaan) : Pada tahap ini, Yeni memberikan dukungan dan dorongan kepada klien untuk mengatasi masalah klien sehingga praktikan mengetahui apa yang menjadi keinginan FJ serta praktikan mengajak klien (FJ) untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pengaplikasian kegiatan dari rencana program seperti belajar menggunakan metode “fun learning”.

4. Intervention ( Intervensi) : Dalam tahap ini berisikan pelaksanaan apa yang akan dilakukan dari rencana program yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh praktikan kepada klien (FJ). Di mana dalam tahap ini Yeni memulai dengan berdiskusi dan membuat jadwal kepada klien baik dalam belajar ‘fun learning” berbagai platfrom, bernyanyi lagu bahasa inggris, pemberian motivasi dan membaca secara lantang buku-buku yang menyenangkan.

5. Evaluation ( Evaluasi) : Dalam tahapan ini praktikan melakukan monitoring dan mengcontrol kepada klien (FJ) sehingga praktikan dapat melihat “bagaimana proses kegiatan yang telah berlangsung” dan melihat sudah sejauh mana perkembangan yang terjadi pada klien.

6. Terminasi : Tahap ini merupakan fase di mana hubungan relasi pemberian bantuan antara pekerja sosial dan klien akan dihentikan karena klien (FJ) dianggap sudah dapat mendapatkan apa yang menjadi keinginan dan tujuan dengan memastikan klien sudah mampu menolong dirinya sendiri. Di sini Yeni sudah melihat FJ sudah semakin lancar membaca dan memiliki ketertarikan yang meningkat serta melihat FJ semakin berinisiatif dalam belajar hal baru yang berhubungan dengan Bahasa Inggris.Diakhir PKL ini, praktikan beserta teman kelompoknya melakukan kegiatan perpisahan dengan anak-anak Panti dengan memberikan bingkisan. Praktikan mengucapkan terimakasih kepada pemilik panti Warniman Laia beserta para pengurus panti yang sudah mempersilahkan saya untuk melakukan praktikum di lembaga yang dipimpinnya, selain itu saya juga berterimakasih kepada teman Praktikan yaitu Adam Malik dan Fatimah Zahara yang telah membantu Praktikan dalam melaksanakan kegiatan Praktikum I ini. Serta tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Dra. Tuti Atika, MSP selaku SPV Sekolah dan Bapak Fajar Utama Ritonga, S.Sos., M.Kesos selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Pratikum I yang telah membimbing, mengarahkan dan memberikan masukan sehingga kegiatan Praktikum I ini dapat berjalan dengan lancar.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed