Uji Kompetensi Hari Kedua Sasar Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang

MANADO,JURNAL6.COM – Proses pelaksanaan uji kompetensi hari kedua di Jajaran Pemerintah Kota Manado berjalan mulus. Inipun dilaksanakan untuk menunjang kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw (AA) bersama Richard Sualang (RS) sekaligus menunjang visi- misi mereka menuju manado yang lebih baik serta Sejahterah sekaligus untuk mengukur sejauh mana kemampuan pejabat yang berkompeten untuk menempatkan pada posisi yang sesuai dengan kompetensi mereka masing-masing.

Pantauan wartawan media online ini hari kedua Uji Kompetensi dilaksanakan bagi Pejabat pegawai administrator (eselon III) seperti, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang serta mereka yang terundang yang berpusat di Ruang rapat Paripurna Kantor DPRD Kota Manado, Rabu ( 13/10/2021).

Uji Kompetensi yang dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Richard Sualang didampingi Sekkot Manado Mikler Lakat SH, MH dan Kepala BKPSDM Donald Supit SH.MH.

“Saya berharap agar semua peserta dapat menjalankan Uji Kompetensi ini dengan sebaik-baiknya, tentu diperlukan adalah pejabat yang loyal, mempunyai effort dan bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai arahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dan proses assessment ini merupakan bagian dari peningkatan sumber daya serta kualitas ASN,” ujar Sualang.

Menurutnya ini juga sebagai bahan kajian dalam penentuan kebijakan “merit system” pada manajemen kepegawaian, serta untuk mewujudkan pembinaan dan pengembangan SDM Aparatur secara sistemik – holistik – berkelanjutan (terencana – terstruktur – terarah dan terukur serta terintegrasi berkelanjutan.

Seperti di ketahui sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Kepala BKN Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Manado, Donald Supit SH,MH menjelaskan, uji kompetensi tersebut merupakan evaluasi untuk mengukur kemampuan pejabat dan menempatkannya di posisi yang sesuai dengan kompetensi mereka masing-masing.

“Uji kompetensi ini bertujuan untuk memetakan kompetensi para pejabat agar juga penempatan pejabat ke depan sesuai dengan potensi yang mereka miliki,” pungkas Supit yang juga ikut dalam prosesi Asesment Pejabat Esselon II

Uji Kompetensi akan berlangsung selama 3 hari (Selasa,Rabu,Kamis). Dan sebagai tim Assesor DR. Preisy Sherly Sibi. S.E, Spi. Spd. Msi dan Sekretaris Jenderal HIMSI DR Andik Matulesy.Msi.

(RONALD GAMPU/ROGAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *