Bahas Kerjasama, Konjen Australia Kunjungi Unsrat Manado

Manado377 views

MANADO, JURNAL6.COM
REKTOR Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar, Ms Bronwyn Robbins, Rabu 3 Oktober 2021.

Kunjungan Konjen Australia di pimpin langsung oleh Konsul Jenderal Bronwyn Robbins, dalam rangka membahas peningkatan kerjasama yang ada antara Universitas Sam Ratulangi dengan Australia.

Konjen Australia mengatakan, kunjungannya ke Sulawesi Utara untuk mempererat hubungan Australia dengan Provinsi – Provinsi di kawasan Timur Indonesia, dan juga ingin membangun berbagai jaringan kerjasama dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada.

Konjen juga berkunjung ke UPT Layanan Internasional, di mana terdapat Australia Corner. Di #AussieBangetCorner ini terdapat informasi tentang Australia dan bea siswa yang tersedia untuk studi di Australia, serta buku-buku pengetahuan umum termasuk pelajaran Bahasa Inggris.

Kunjungan ini juga untuk membahas hubungan internasional antara perguruan tinggi di Australia dan Unsrat yakni program beasiswa, pertukaran mahasiswa/dosen, serta riset dan pengembangan teknologi.

“Ini kunjungan pertama saya ke Sulawesi Utara. Kedatangan saya untuk hubungan erat antara Sulawesi Utara dan Australia,” kata Ms Bronwyn Robbins.

Menurutnya, Australia memiliki hubungan erat dengan Sulut dalam bidang pendidikan, kolaborasi penelitian, dan dukungan jangka panjang Australia terhadap keamanan kesehatan, stabilitas, dan pemulihan ekonomi.

Dia berharap, sistem pendidikan kejuruan kelas dunia Australia dan keahlian di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan dapat membantu dalam pemulihan daerah Nyiur Melambai dari pandemi Covid-19.

Ms Bronwyn Robbins menjelaskan, perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA), dan program kerjasama ekonomi dapat membuka jalan bagi kemitraan lebih lanjut antara Australia dan Sulawesi Utara.

“Pertemuan Konsul-Jenderal dengan tokoh pendidikan dan para alumni Australia akan menguatkan kembali komitmen Australia untuk menyediakan beasiswa internasional dan kursus singkat dalam berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pembangunan di Sulawesi Utara,” jelasnya. (Lla*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *