Pemerintah Kota Melalui Dinas Pertanian Siap Kucurkan 118 Ton Pupuk ke Petani

0
53

MANADO,JURNAL6.COM- Meskipun dimasa Pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan terus memacu dan menyalurkan kebutuhan kelompok tani yang ada di Kota Manado.

Bukti konkritnya, Dinas pertanian akan segera mengalokasikan pupuk sebanyak , 118 ton dengan rincian 66 ton pupuk urea, 43 ton NPK, SP36 2 Ton, Set A 5 ton serta Organik 2 Ton. Pernyataan itu dilontarkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Drs Mohammad Sofyan Msi, Senin (13/09/2021)

Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan di Kota Manado ini, pendistribusian ini akan kami berikan kepada kelompok petani berdasarkan musim tanam pertiga bulan meskipun kami belum mampu memenuhi kebutuhan para petani di Manado karena pupuk ini masuk kategori bersubsidi.
“Adapun metode sistim pendistribusian adalah dari distributor ke agen, nanti petani menebus ke agent dengan melampirkan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) . ” ucap Sofyan.

Lebih jauh kata pria low profile ini, nantinya pada saat penyaluran pupuk dilakukan, maka setiap petani mendapat subsidi pupuk dari Pemerintah kurang lebih 2 hektare dari kepemilikan lahan.

“Data yang kami kantongi luas lahan yang tersebar di Kecamatan Malalayang, Pal 2, Tikala, Bunaken kepulauan, Darat, Wanea, Mapanget, Singkil dan Tuminting sebesar 1337 hektare.”tukasnya.

Diapun menambahkan, luas lahan itu dengan rincian 941 hektare adalah lahan pertanian yang digarap (Pinjaman) serta 396 hektare lahan digarap petani dan milik sendiri.
“Saat ini sudah terdaftar ada 105 kelompok tani di Kota Manado, yang setiap saat bisa bertambah dan berkurang. Dan ini yang paling penting yaitu, bagi mereka yang dikategorikan petani namun tidak masuk dalam kelompok tani, tidak akan mendapatkan bantuan pupuk,” pungkas Mantan Camat Tikala .

(ROGAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here