oleh

Gelar Reses, BW Temui Warga Kayawu dan Wailan Kota Tomohon, Persoalan Air Bersih Kembali Mencuat

Jurnal6 Tomohon – Anggota DPRD Sulut Braien Waworuntu, Senin (30/8/21) menyambangi konstituen di dua kelurahan yang ada di Wilayah Kota Tomohon yang merupakan bagian dari kegiatan masa reses II tahun 2021 guna menjaring aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di lembaga legislativ Sulut.

Dua kelurahan tersebut masing -masing Kelurahan Kayawu dan Wailan Kecamatan Tomohon Utara.

STA GINOSKO

Meski demikian kegiatan serap aspirasi masyarakat di masa pandemi covid 19 ini dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat dimana kehadiran peserta dibatasi maksimal sebanyak 30 orang.

Dalam pemaparan awal politisi yang dikenal vokal ini menjelaskan tugas dan fungsi DPRD yang memiliki peran sebagai fungsi pengawasan, budgeting dan legislasi untuk kepentingan masyarakat.

Sejumlah aspirasi disampaikan warga Kayawu kepada ketua komisi 4 ini diantaranya adanya perhatian pemerintah terhadap
akses jalan perkebunan dan diminta adanya pengaspalan jalan perkebunan sekaligus berharap adanya bantuan alat pertanian hand tractor bagi kelompok tani setempat.

Selain itu warga berharap akses jalan perum Kayawu ke Agotey yang baru terealisasi 1 km kiranya bisa dilanjutkan.

Sementara itu warga kelurahan Wailan meminta perhatian pemerintah untuk perbaikan ruas jalan perkebunan yang ada di wilayah tersebut khususnya di daerah kaki gunung Lokon agar dilakukan pengerasan secara keseluruhan mengingat jalan tersebut merupakan akses produktif bagi petani setempat.

Di sektor pariwisata masyarakat Kelurahan Wailan butuh perhatian pemerintah dalam mengembangkan salah satu lokasi air terjun yang memiliki daya tarik serta potensi destinasi wisata baru.

Menurut warga, usulan terhadap objek wisata air terjun sudah pernah diprogramkan pemerintah kota khususnya akses jalan ke lokasi tersebut namun hingga kini rencana tersebut belum direalisasikan.

Demikian pun terkait kebutuhan air bersih untuk dimanfaatkan masyarakat butuh perhatian pemerintah, mengingat mutu air yang ada saat ini tidak layak untuk dikonsumsi masyarakat

Menanggapi beragam aspirasi masyarakat, Braien mengatakan akan membawa suara masyarakat ke lembaga DPRD Sulut khusunya yang menjadi kewenangan Provinsi.

” Apa yang telah disampaikan dalam pertemuan reses ini menjadi catatan penting saya untuk diperjuangkan di lembaga legislatif bersama pemerintah Provinsi, karena fungsi kami adalah penyambung lidah rakyat, dan saya tetap berjuang bersama rakyat, ” tegas politisi Dapil Minahasa Tomohon yang juga dikenal memiliki prinsip Hidup Harus Jadi Berkat.

Ia juga memastikan soal infrastruktur yang disuarakan dua kelurahan tersebut akan diteruskan ke komisi III yang memiliki mitra kerja dengan instansi terkait.

“Terkait masalah infrastruktur khususnya air bersih menjadi catatan khusus saya dan akan dikoordinasikan lewat komisi III DPRD Sulut yang membidangi infrastruktur. Karena masalah ini juga sangat penting menyangkut kehidupan banyak orang terutama untuk kebutuhan sehari – hari. Begitu juga terkait pertanian, itu ada di Komisi II nantinya melalui Fraksi NasDem Sulut juga menjadi catatan penting saya untuk disampaikan,” ucapnya dihadapan warga.

Meski dalam kegiatan reses tersebut terdapat keluhan soal akses jalan yang yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Tomohon tapi baginya tidak masalah karena sudah seharusnya keluhan warga itu disampaikan.

“Untuk kewenangan Kota Tomohon nantinya saya akan langsung berkoordinasi melalui Fraksi NasDem yang ada DPRD Kota Tomohon,” ucapnya.

Intinya kata Waworuntu, seluruh aspirasi masyarakat yang telah disampaikan ini akan menjadi catatan dan hasil laporan reses dirinya untuk disampaikan di sidang paripurna DPRD Sulut yang pastinya akan di dengar langsung oleh Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Memang di masa pandemi covid-19 ini banyak anggaran daerah digeser ke penanganan covid-19 sehingga beberapa rencana-rencana kerja tahun ini sempat ditunda. Jadi saya mohon bersabar, kalau tidak bisa direalisasikan tahun, mungkin tahun depan. Tapi pastinya saya akan tetap mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, ” pungkas BW sapaan akrabnya. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed