Hargai Jasa Pahlawan, Kumaat dan Jajaran Ziarah ke Makam Mantan Rektor Unsrat Manado

Manado149 views

MANADO, JURNAL6.COM
Nama besar Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, dengan segala kemajuan saat ini tak bisa dipungkiri tak lepas dari jasa para pendahulu yakni mantan rektor.

Kehadiran mereka di masa lalu, jangan sampai dilupakan melainkan terus diingat jasa-jasanya.

Merayakan dies natalis ke-60, Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat beserta jajarannya, melakukan ziarah ke makam para mantan rektor Unsrat, Jumat 27 Agustus 2021.

Kegiatan ziarah ini memang menjadi rutinitas yang harus dilakukan jelang dies natalis Unsrat sebagai tanda bakti dan terima kasih atas perjuangan para pendahulu Unsrat.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih memiliki para pejuang pendahulu Unsrat yang telah meletakkan pondasi kuat membangun sebuah kampus unggulan di Sulawesi Utara,” tutur Kumaat.

Kata dia, bertambahnya usia selalu dibarengi dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan. 

Tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan. Apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang punya fungsi utama melahirkan para ilmuwan yang berkualitas.

“Dan untuk mencapai tujuan ini tentunya kami tidak akan pernah melupakan sejarah karena nantinya kita semua akan menjadi bagian dari sejarah itu,” ujarnya.

Makam pahlawan yang dikunjungi, Dr Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (Pahlawan Nasional) di Tondano, Minahasa.  Albert Johan Alexander Losung SH (Rektor Pertama: 1961-1964) di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan. RAB Massie SH (Rektor Ke-2: 1964-1965) di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan.

Dr Frits Hendrik Palilingan (Rektor Ke-3: 1965-1969) di Taman Pekuburan Keluarga di Warukapas, Minahasa Utara. Prof Mr Gerrit Meindert Alfred Inkiriwang (Rektor ke-4: 1969-1974) di Taman Pekuburan Keluarga di Ranomuut, Manado.

Prof Dr Hendrikus Kandou (Rektor ke-5: 1974-1977) di Taman Pekuburan Keluarga di Airmadidi, Minahasa Utara. Prof Willem Johan Waworontoe, MSc (Rektor ke-6: 1977-1986) di TPU Kaaten Matani, Kota Tomohon.

Prof Drs Ronnie Samuel Tangkudung (Rektor ke-7: 1986-1995) di Kompleks Gereja Katolik Talawaan, Minahasa Utara. Prof Dr Ir Jopie Paruntu MS (Rektor ke-8: 1995-2004) di Taman Pekuburan Arimatea, Manado. (Lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *