oleh

Fraksi PDIP Dukung Visi Besar ODSK Yang Tertuang Dalam RPJMD Sulut Tahun 2021-2026

Jurnal6 Manado – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulut memberikan apresiasi program kerja pemerintahan ODSK yang tertuang dalam Ranperda RPJMD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021-2026.

Vonny Paat anggota Fraksi PDIP mengatakan, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandow (ODSK) dinilai konsisten dalam setiap program pembangunan di berbagai bidang bagi kesejahteraan rakyat.

STA GINOSKO

” Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah menyusun RPJMD tahun 2021 -2026 dengan tetap konsisten pada visi besar Gubernur dan wakil Gubernur yaitu mewujudkan Sulawesi Utara yang maju sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik, ” ujar Paat yang juga menjabat ketua komisi I saat menyampaikan pandangan Fraksi PDIP pada rapat paripurna penyampaian penjelasan Gubernur terhadap Ranperda RPJMD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021-2026 Kamis (5/8/21) baru – baru ini.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur yang diwakil Wakil Gubernur Steven OE kandow mengatakan, RPJMD Sulawesi Utara tahun 2021-2026 telah melewati empat tahapan yakni mulai dari persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal, penyusunan rancangan RPJMD hingga musrembang RPJMD dengan mengacu pada platfom Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017.

” Sekarang ini kita memasuki tahapan ke lima yakni rancangan RPJMD yang didalamnya secara bersama-sam kita akan melaksanakan pembahasan dan persetujuan bersama terhadap RPJMD Sulawesi Utara tahun 2021- 2026. Saya juga menyampaikan kembali bahwa visi pembangunan Sulawesi Utara sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2021-2126 adalah Sulawesi Utara maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang ke Asia Pasifik yang diterjemahkan dalam lima misi, ” tandas Wagub Kandow.

Adapun kelima misi tersebut lanjut Wagub yakni 1. Peningkatan kwalitas manusia Sulawesi Utara 2. Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan sektor jasa, 3. Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektifitas, 4. Pembangunan yang berkelanjutan, 5. Pemerintahan yang baik dan bersih didukung sinergitas antar daerah.

Sementara 10 program prioritas pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021-2026 untuk mendukung optimalnya pencapaian sasaran visi dan misi yaitu 1. Pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dampak Pandemi covid 19, 2. Pembangunan konektifitas, 3. Meningkatkan sarana pendidikan yang layak dengan adanya teach tecnology serta meningkatkan dukungan bagi generasi millenial agar memiliki karakter budaya dan intelektab ilitas yang mumpuni, 4. Meningkatkan soliditas dan peran tokoh agama dalam menjaga harmonisasi kerukunan yang telah terbina sangat baik, 5. Melanjutkan dan meningkatkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan, 6 Meningkatkan kwalitas sektor pariwisata yang terbukti berhasil dan jadi role model nasional serta meningkatkan dukungan bagi IMKM, ekonomi kreatif, pelaku usaha dan sektor rill, 7 Percepatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan menciptakan multi player efek dan lapangan kerja luas, 8. Memperbanyak fasilitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah di setiap kabupaten/kota serta peningkatan kapasitas tenaga medis, 9. Iklim investasi dan usaha yang makin kondusif dengan kemudahan regulasi dan sistim perijinan yang tetap berpihak pada lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan, 10. Percepatan reformasi digital dalam pelayanan publik regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta dukungan pembiayaan ekosistim digital adalah agar Sulawesi Utara lebih maju sebagai Smart Provinsi . (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed