Juni 2021, Rencana Ekspor Sangihe Indonesia-Gensan Filipina Mulai Action

0
93

Sangihe, Jurnal6
Percepatan pembangunan terutama optimalisasi potensi perikanan dan kelautan terus dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sangihe dengan berkolaborasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. 

Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menyusul terobosan Pemerintah daerah Sangihe melakukan kerja sama lintas negara Indonesia – Filipina. 

Bupati menjelaskan, progres kerjasama Sangihe Indonesia-Gensan Filipina tengah dipacu, sehingga pertengahan Tahun 2021 akan segera berproses untuk kegiatan ekspor. Dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara merespon setelah dilakukan pertemuan sebelumnya bersama Gubernur Olly Dondokambey. 

“Kemarin, setelah acara vidcon dengan bapak Presiden, saya melapor kegiatan kita yang ada di Sangihe kepada Gubernur. Pertama terkait dengan kinerja kita kondisi kemarin kita mendapat WTP, kemudian juga terkait dengan rencana kita membuka jalur akses laut Tahuna-Gensan dan Gubernur sangat merespon,” kata Gaghana.

Dikatakannya, peran Pemerintah Provinsi Sulut dalam mempresur perdagangan melalui jalur laut direncanakan akan dibuka Kantor Beacukai di Kabupaten Sangihe. 

Dibukanya kerjasama Sangihe-Gensan di yakini ke depan dapat bergeraknya sektor perekonomian di daerah dengan pemanfaatan potensi dalam kegiatan ekspor

“Dan sebentar lagi Beacukai akan membuka kantor di Kabupaten Sangihe minggu depan mereka akan datang itupun bapak Gubernur yang mendorong dan dukungan bapak Gubernur kator Beacukai sudah akan buka kantor di Sangihe untuk memperkuat agenda kita pelabuhan Tahuna menjadi pelabuhan ekspor yang terbuka ke Gensan,” ungkapnya.

Bupati berharap dukungan semua pihak termasuk elemen masyarakat sehingga kerjasama ini segera terealisasi ke depan.(Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here