Pemkab Sangihe Lobi Kemenpora Soal Kelanjutan Pembangunan GOR Manente

Sangihe137 views

Sangihe, Jurnal6

Setelah kurang lebih satu tahun Pemerintah Daerah tidak dapat melakukan lobi secara langsung ke kantor-kantor Pemerintah Pusat di Jakarta akibat adanya batasan-batasan akibat pandemi COVID-19, akhirnya Tahun 2021 dapat digunakan oleh Pemkab Sangihe untuk menggencarkan lobi-lobi demi pembangunan daerah.

Salah satu yang didatangi adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Pada Selasa, (30/3/2021), Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, didampingi Kepala Bapelitbangda Ir Fillixson Petrus Gaghaube menyampaikan permohonan Pemkab Sangihe secara langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr H Zainudin Amali.

Bupati menyampaikan situasi dan kondisi Bidang Olahraga di Sangihe. Tidak dapat dipungkiri Sangihe memiliki potensi dan telah mencatat sejumlah atlet asal Sangihe yang telah berprestasi di bidang olahraga baik di tingkat Provinsi, Daerah bahkan mancanegara.

Ke depan, pemerintah optimis bahwa masih banyak lagi para olahragawan Sangihe yang mampu berprestasi lebih gemilang lagi. Tinggal bagaimana SDM ini harus ditunjang dengan fasilitas aarana dan prasarana olahraga yang tersedia di daerah.

“Yang saat ini memerlukan perhatian Pemerintah Pusat adalah penyelesaian GOR yang sebelumnya telah memperoleh dana untuk pembangunannya sebanyak 15 milyar rupiah oleh Pemerintah Pusat yang disharing dengan penganggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Namun oleh karena adanya refocusing anggaran akibat pandemi COVID-19 di Indonesia, maka penganggaran untuk penyelesaian GOR belum dapat terealisasi,” kata Jabes Gaghana.

Dalam kesempatan yang sama Pemkab Sangihe menyampaikan permohonan bantuan anggaran untuk pembangunan Stadion Olahraga yang pada saat ini susah ada di tahapan penyediaan lahan.

“Pemkab Sangihe sangat berharap apa yang menjadi permohonan ini dapat dipertimbangkan dan diakomodir oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,” harap Jabes Gaghana.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Sangihe yang begitu gigih dalam memperjuangan pemgembangan Bidang Olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Khusus untuk pembangunan fisik karena telah dialihkan ke Kementerian PUPR, maka Pemerintah dapat melakukan lobi pula di Kementerian PUPR, namun disamping Itu pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga tetap akan mencatat apa yang disampaikan oleh Bupati untuk dapat dibantu melalui program Kementerian Pemuda dan Olahraga bagi pemgembangan Bidang Olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan dan dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR.

“Kita berkerinduan akan terus ada olahragawan dari daerah-daerah perbatasan yang berprestasi di tingkat nasional bahkan mancanegara. Dan hal ini akan kita tunjang, tinggal melihat secara teknis kedepan hal-hal apa saja yang dapat ditindaklanjuti dalam pengembangannya,” ujar Menpora.

Menteri menugaskan pejabat yang memdampingi pada saat pertemuan tersebut, yaitu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Drs Chandra Bhakti, untuk dapat menindaklanjunti hal tersebut.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *