oleh

Bahas Draff MoU dan Perjanjian Kerjasama PMI, Bupati Sangihe Temui BP2MI RI

-Sangihe-18 views

Sangihe, Jurnal6
Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sangihe, salah satunya diwujudkan dengan menempatkan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, khususnya Jepang.

Para Pekerja yang disiapkan adalah mereka yang memenuhi syarat, terampil dan profesional untuk dipekerjakan di Jepang dengan spesialisasi yaitu perawat, pertanian, pengelasan dan otomotif.

STA GINOSKO

Untuk memantapkan persiapan perekrutan, pelatihan serta pengiriman pekerja migran Indonesia perlu dilakukan tahapan-tahapan teknis dengan pihak perusahaan yang nantinya ditunjuk oleh Pemkab Sangihe. Dalam mempersiapkan pelatihan dan pengiriman pekerja migran dari Sangihe, yakni PT Takumi Koba Indonesia yang difasilitasi dan diinisiasi oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) RI.

Pemkab Sangihe telah melakukan pertemuan dengan pihak BP2MI RI di Aula ruang rapat BP2MI RI Jakarta pada Kamis (25/3/2021) untuk pembahasan draff MoU dan perjanjian kerjasama yang rencana Penandatanganannya akan dilakukan pada Senin 29 Maret 2021. 

Di hari yang sama Bupati Kepulauan Sangihe bersama Ketua TP PKK, Kadis Tenaga Kerja Daerah dan Kabag Hukum Setda bertemu dengan pihak PT Takumi Koba Indonesia untuk membahas kerjasama ini.

Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE ME menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk nyata kolaborasi positif antar pemangku kepentingan, baik dari pihak Pemerintah Daerah maupun pihak swasta dalam kerangka untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan profesional, khususnya untuk penempatan di negara-negara yang bekerjasama dengan Indonesia.

“Penempatan ke Jepang ini memiliki prospek yang luar biasa, memiliki gaji yang cukup besar, dengan kontrak sesuai perjanjian pekerja dan perusahan,” ungkap Bupati.

“Saya berharap dengan kerjasama ini bisa membantu serta membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan bagi warga Sangihe, khususnya muda-mudi dalam mencari pekerjaan,” tambahnya.

Pemkab Sangihe juga akan secepatnya mengeluarkan SK Panitia CPMI, serta akan berkoordinasi dengan dinas terkait serta DPRD Sangihe khususnya Komisi II yang membidangi hal itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Sangihe Drs Doktarius Pangandaheng MM mengatakan bahwa upaya kerjasama ini merupakan upaya Pemda Sangihe untuk melakukan pengentasan kemiskinan, sekaligus meningkatkan SDM dan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Sangihe. 
“Untuk hal itu, sebagai Dinas Teknis, Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Sangihe akan membuka pendaftaran kepada para pencari kerja di Sangihe yang memenuhi persyaratan dan memiliki kemauan bekerja diluar negeri, yakni ke Jepang. Dan menyangkut persiapan pelatihannya akan bekerjasama dengan PT Takumi Koba Indonesia. Diharapkan 6 bulan ke depan mereka telah siap untuk diberangkatkan ke Jepang,” jelas Pangandaheng. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed