oleh

Kawalo, Wahid dan Pinkan Kritisi Kinerja Direksi PD Pasar, Gaji Karyawan 3 Bulan Belum di Bayar

MANADO,JURNAL6.COM- Sekira ratusan karyawan di Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Manado gerah, muak dan terkapar. Pasalnya, terinformasi selang tiga bulan berjalan ini mereka belum terima gaji. Informasi A1 dari beberapa karyawan di PD Pasar mereka belum terima gaji selang Januari, Februari dan Maret 2021.

“Torang pe Tunjangan Hari Raya (THR) tahun lalu ada juga yang belum dibayarkan,” ungkap mereka kepada wartawan media online Rabu (24/03/2021)

STA GINOSKO

Mereka juga mengaku heran kenapa direksi PD Pasar belum membayar gaji karyawan, padahal pemasukan PD Pasar lancar dan besar termasuk pasokan dari beberapa pasar tradisional seperti, Bersehati, Karombasan dan Tuminting. “Torang sangat berharap gaji tiga bulan segera dibayarkan. Karena tidak lama lagi akan memasuki bulan puasa kong mo kaseh makan apa kita pe bini anak,” keluh mereka .

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Manado Hengkie Kawalo, Abdulrahman Wahid meminta, agar para direksi di PD Pasar Manado segera membayar gaji karyawan jika memang betul tiga bulan belum terima gaji.

“Kasihan karyawan PD Pasar mereka punya keluarga, sudah kerja tiga bulan belum gajian. Seharusnya sudah dibayarkan. Jangan hanya peras tenaga kong dorang pe hak Direksi abaikan,” tegas Kawalo dan Wahid.

Merekapun menambahkan, kalau memang tidak mampu menjabat Direksi di PD Pasar , lebih baik mengundurkan diri saja karena kemampuan anda patut dipertanyakan .

“Mundur Jo kalo nyanda mampu,” tegas kedua politisi vokal ini.

Sementara itu nformasi yang diperoleh media online ini, ada beberapa nama yang layak menduduki posisi strategis tersebut dari kalangan kader partai PDI-P pada saat memenangkan Pilkada Manado 9 Desember 2020 lalu.

Bocoran yang diterima ada beberapa kader PDI-P yang akan masuk ke Perusahaan Daerah (PD) yang setiap tahun banyak persoalan yang terus terjadi ditubuh (PD) Pasar tersebut seperti, Markho Tampi (Mantan Anggota Dewan Kota Manado), Pinkan Theresia Nuah (Mantan Anggota DPRD Manado ) , Allen Rantebua (Ketua Relawan AA-RS) , Tonny Rawung (Sekretaris PDI-P Manado dan mantan anggota DPRD Kota Manado), serta Novie Lomowa (Mantan Sekretaris PDIP Manado).

“Semua Kader PDI-P ini berpeluang untuk menduduki jabatan tersebut, tinggal menunggu petunjuk Walikota yang baru. Apakah dia suka atau tidak ,” ucap beberapa petinggi Partai berlambang moncong putih ini.

Data dilapangan menyebutkan, sosok yang akan menduduki posisi tersebut adalah mereka yang terbilang profesional agar perusahaan akan menjadi kuat serta memberikan kontribusi lewat (PAD) dan (CSR) kepada pemerintah dan masyarakat sekitar.

Bukan hanya itu saja, PD Pasar Manado ditahun 2021 harus sesuai harapan Pemerintah Pusat dan memiliki sertifikat (SNI) yang didalamnya para pedagang dan pembeli akan merasa nyaman, aman, tidak berbau, berbecek serta akses keluar masuk dan memiliki lahan parkir representatif.

“Direksi yang baru nanti adalah mereka yang mampu melihat dengan jeli semua persoalan dilapangan . Agar persoalan kemarin tidak terjadi lagi ditubuh perusahaan tersebut,”ucap mereka Sementara itu salah satu Srikandi PDI-P yang juga mantan Anggota Dewan Kota Manado Pinkan Theresia Nuah, saat dimintai keterangan mengatakan, bukan hanya itu saja, management perusahaan di (PD) Pasar harus dikelolah dengan baik bahkan seprofesional mungkin diikuti dengan (SOP) agar sistim bisa tercipta sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pelayanan bagi masyarakat dan pedagang disemua pasar tradisional .

“Ini harus dilakukan bagi siapapun yang akan menduduki jabatan tersebut,” koar Pingkan yang terkenal getol mengkritisi Perusahaan Daerah tersebut.

Lebih jauh kata Srikandi yang memegang jabatan sebagai Ketua Badan Pengembangan Perekonomian Masyarakat di Kota Manado ini, siapa saja kader partai maupun dari kalangan profesional yang akan menduduki posisi itu,mereka harus mampu menjalankan amanah masyarakat dan pedagang untuk menata perusahaan tersebut agar lebih baik dan mengsejahterahkan pelayanan masyarakat

“Semua kader partai harus siap ditempatkan dimana saja,” tegas Nuah.

Sementara itu beberapa kader partai dan masyarakat mengatakan, kader partai seperti ibu Pinkan Theresia Nuah kalau diperkenan Tuhan dan pimpinan, sangat berpeluang dan bisa menjabat beberapa posisi Direksi di PD Pasar Manado ataupun BUMD lainya. Dimana, Srikandi ini merupakan sosok yang dikenal tegas saat menjabat dan menjalankan fungsinya sebagai Anggota Dewan periode 2014-2019

“Kalau kinerja ibu Pinkan selama menjadi Anggota Dewan patut diberi apresiasi. Selain tegas mengkritisi persoalan masyarakat khususnya PD Pasar berbuah manis. Dan kritikannya selalu tepat sasaran, sehingga Perusahaan ini harus secepatnya berbenah diri,” ucap sejumlah politisi lintas partai dan para pedagang di pasar tradisional.

(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed