oleh

Wakil Menteri PUPR Peduli Banjir, Soroti Tumpukan Sampah di Kota Manado

MANADO,JURNAL6.COM – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) John Wempi Wetipo, Sabtu (30/01/2021) mengunjungi Sulawesi Utara, tepatnya di ibukota Manado.

Dalam kunjungan tersebut , Putra asli Tanah Papua itu, meninjau lokasi pekerjaan Bendungan Kuil Kawangkoan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut)

STA GINOSKO

Pembangunan bendungan yang menelan anggaran triliunan rupiah ini bisa menjadi salah satu bagian dari pengendalian banjir di Kota Manado dan sekitarnya untuk debit air 470 meter kubik per detik dalam bendungan sehingga sudah bisa mengendalikan air sungai di DAS Tondano.

Menurut Wetipo, banjir yang terjadi baru baru ini di kota manado, belum seberapa dari banjir yang terjadi pada tahun 2014 lalu sehingga memporak porandakan seluruh infrastruktur yang ada.
“Kami dari Kementrian (PUPR) lagi berupaya mengenjot proyek pekerjaan bendungan agar secepatnya bisa selesai di akhir tahun ini, adapun pekerjaan ini rencana akan berlangsung tiga tahap progresnya Paket 1 sudah mencapai 77 % dan Paket 2 mencapai 93%, sedangkan tahap ketiga secepatnya akan di tandatangani”. Ujar Wetipo yang sempat mengunjungi lokasi bencana dan tanah longsor di Kota Manado.

Menurutnya penanganan bencana di Kota Manado, diharapkan ada sinergitas, baik dukungan masyarakat dan pemerintah setempat. Saat ini masih terlihat banyaknya sampah dan selokan yang tidak terawat akibatnya banjir bisa terjadi kapan saja, di ibaratkan pemgendalian banjir ini dari hulu sampai ke hilir bisa terjaga.

“Masih banyak smapah berserakan dimana mana, ini juga bisa menjadi penyebab banjir” Ujar mantan pria yang sempat mengecap pendidikan di Akademi Pariwisata Manado tersebut.

Dalam kunjungan Ke Sulawesi utara Wamen sempat juga melihat secara langsung Pasar extrim dan Rumah adat woloan di Kota Tomohon.

(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed