Dispora Sangihe Gelar Rakor Olahraga Daerah Sebagai Evaluasi dan Persiapan Porprov 2021

Sangihe241 views

Sangihe, Jurnal6 – Seiring rencana di gelarnya event dua tahunan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2021, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kepulauan Sangihe lakukan berbagai persiapan. Rapat Kordinasi (Rakor) Daerah sebagai wadah evaluasi sekaligus pemantapan rencana ke ikutsertaan kontingen Kabupaten Sangihe pada pekan olahraga Provinsi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wandu CC Labesi usai rapat mengatakan, rapat koordinasi yang melibatkan seluruh pengurus cabang olahraga (Cabor) demi mengetahui berbagai kendala dalam pelaksanaan agenda olahraga di Daerah. Selain itu rapat koordinasi sebagai sosialisasi perubahan regulasi terhadap alokasi dana Pemerintah bagi setiap cabor yang sebelumnya di tangani oleh induk organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Sangihe.

“Rangkaian kegiatan rapat koordinasi daerah juga memberi pemahaman kepada pengurus cabang olahraga dimana untuk tata kelola keuangan itu berubah regulasinya sehingga dana hibah yang dahulunya kita mengacu pada Permendagri 13 tahun 2016 dana hibah dari Pemerintah Daerah dari badan keungan langsung ke Koni sementara Permendagri 90 tahun 2019 dana hibah dari Pemerintah Daerah cantolannya ada di Dinas Pemuda dan Olahraga selaku Dinas teknis sehingga teman-teman cabang olahraga harus memahami terkait dengan tata kelola termaksud dengan pertanggung jawaban dana,”jelas Labesi.

Terpisah, Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Sangihe, Martin Singal mengatakan perubahan regulasi terhadap dana bagi cabor yang saat ini di tangani Dinas teknis di nilai lebih muda. Menurutnya, setiap cabor dapat mengajukan permohonan setiap dana sesuai kebutuhan dalam proses pembinaan dan pelatihan bagian dari persiapan Porprov mendatang.

“Dengan beralihnya pos dana dari KONi ke Dinas Pemuda dan Olahraga itu memang kami dari cabang olahraga kami menganggap itu lebih baik untuk ke depan, karena lebih mudah mengurus dan membuat laporan tentang penggunaan dana akan tetapi khusus untuk pelaksanaan event tahun depan Porprov 2021 sangat menyesalkan dengan keseterdiaan dana hanya 1 milyar sedangkan dana di Porprov lalu 19 cabang olahraga dan dana tersedia pada waktu itu 1,9 milyar dan itupun kami sebagai pengurus cabang olahraga merasa itu belum cukup apalagi ini dananya tinggal 1miliyar berati kita musti realistis ada cabang-cabang olahraga yang memang bagi kami itu kurang berpeluang menyumbamg medali mau tudak mau di degradasi,”ungkapnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *