oleh

Kantongi Elektabilitas Tertinggi , 3 Kekuatan Besar Mampu Menangkan Mor-Hjp

MANADO,JURNAL6.COM- Kekuatan besar untuk memenangi Pilkada Manado, 9 Desember 2020 ada pada Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) semakin deras mengalir

Setidaknya ada 3 kekuatan besar yang bersatu memenangkan paslon nomor urut 3 ini.

STA GINOSKO

Pertama, Calon Walikota Manado MOR Dominus Bastiaan. Sebagai seorang petahana dengan masa kepemimpinan hampir 5 tahun hingga saat ini MOR tentu dikenal luas dan memiliki kekuatan massa yang banyak dan riil.

Apalagi di Pilkada Manado tahun 2016 lalu, MOR saat berpasangan dengan GS Vicky Lumentut meraih suara 67.801 suara. Jika diasumsikan bagi sama rata, maka MOR memiliki 33.900 suara.

Jumlah ini belum ditambah dengan suara lain yang mengakui keberhasilan dari kinerja MOR sebagai Wakil Walikota Manado.

Kedua, Calon Wakil Walikota Manado Hanny Joost Pajouw (HJP). Selain dua kali bertarung sebagai Calon Walikota, HJP menjadi Anggota DPRD Sulawesi Utara dengan suara terbanyak di Dapil Manado. Khususnya ketika HJP berpasangan dengan Tonny Rawung (HJP-ToRa) berhasil meraih 60.564 suara. Jika dibagi rata HJP mengantongi 30.282 suara.

Ketiga, partai politik (parpol), tim sukses dan relawan. MOR-HJP didukung 3 parpol masing-masing Partai Demokrat, PAN dan PKB. Pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 lalu, Partai Demokrat meraih 40.187 suara, PAN 18.160 suara dan PKB 3.595 suara.

Selain Parpol, MOR-HJP didukung Tim Sukses dan Relawan. Bahkan Tim Relawan MOR-HJP tembus angka 100. Selama ini hampir setiap hari MOR-HJP maraton melantik Tim Relawan baik itu di Sekretariat Tim Pemenangan MOR-HJP, Sekretariat Tim Independen, di Sekretariat HJP Kairagi maupun di lingkungan-lingkungan dan kelurahan. Bahkan tim relawan ini terus bergerak masif mencari dukungan warga sebanyak-banyaknya.

Dan jika kantong suara MOR, HJP dan 3 parpol pengusung ditotalkan maka berjumlah 126.124 suara atau sekitar 38,3 persen dari total 328.539 pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Manado.

“Ini bisa jadi modal suara 38 persen untuk MOR-HJP, mengingat di Pilkada Manado ada empat paslon, yang jika ingin menang harus meraih minimal 35 persen suara. Sehingga dengan modal 38 persen suara maka kans besar untuk menang ada pada paslon MOR-HJP,” ujar Pengamat Politik Sulut Stefanus Sampe Ph.D.

Namun demikian, ia mengingatkan modal suara ini jangan sampai membuat paslon, tim pemenang dan pendukung MOR-HJP berpuas diri dan berhenti bekerja.

“Harus terus bekerja dan mengawasi dengan ketat potensi kecurangan untuk memastikan modal suara MOR-HJP ini akan tetap sama bahkan lebih banyak ketika KPU Manado mengumumkan hasil Pilkada, atau saat dilakukan perhitungan cepat pasca pencoblosan,” pungkasnya


(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed