oleh

Pelabuhan Laut Likupang Akan Dilengkapi Fasilitas Terminal Khusus Wisata, M Qowi : Akhir Desember Tuntas

Jurnal6 Likupang – Perhatian Pemerintah Pusat  untuk di Sulawesi Utara sebagai tujuan pariwisata dunia khususnya pembangunan fasilitas penunjang  mulai terlihat.

Salah satunya pelabuhan  penumpang kelas III Likupang,  tahun ini akan dilengkapi  fasilitas terminal wisata bagi masyarakat lokal maupun wisatawan  luar negeri yang akan mengunjungi beberapa pulau yang menjadi destinasi wisata di daerah tersebut.

Kepala Pelabuhan Kelas IIILikupang M. Qowi mengungkapkan pembangunan  wisata di pelabuhan laut Likupang sangat dibutuhkan saat ini mengingat beberapa tempat wisata seperti pulau Lihaga, Gangga maupun puau Bangka itu para wisatawan naik dari sekitar Likupang menuju ke destinasi wisata tersebut.

Progres Pekerjaan Proyek Terminal Wisata Pelabuhan III Likupang

“ Makanya kami fokuskan seluruh kapal-kapal yang akanmenuju ke destinasi prioritas wisata tersebut  baik ke pulau Lihaga, Gangga maupun Bangka  nantinya naik dari pelabuhan laut Likupang, kami akan bangun terminal wisata tahun ini tuntas. “ ungkap Qowi kepada wartawan disela-sela kunjungan komisi 4 DPRD Sulut Jumat, (23/10/20).

Tak hanya itu tambah Qowi,  untuk tahun 2021 pelabuhan Laut Likupang juga akan dibangun dermaga apung sehingga kapal kecil bisa sandar terutama untuk menjamin  keselamatan dan keamanan pelayaran bongkar muat penumpang.

Dalam menunjang pembangunan terminal wisata penumpang , pihaknya tetap mengedepankan kearifan lokal dalam disain bangunan yang menggambarkan budaya Sulawesi Utara.

“ Dalam penyusunan disain pembangunan terminal wisata kami mengakomodir kearifan lokal nantinya disitu ada ornamen-ornamen  Minahasa Utara, Sulawesi Utara secara keseluruhan dimasukan kesitu  termasuk penjualan-penjualan aksesories  khas Sulawesi Utara, termasuk kantor karantina kesehatan  serta fasilitas bermain. Semuanya kami sediakan dalam terminal wisata nanti. Dengan demikian para wisatawan nyaman  ketika berada di dalam terminal  sambil menunggu kapal yang siap berlayar.” Pungkasnya.

Pantauan awak media di lapangan, pembangunan terminal wisata pelabuan laut Likupang dengan anggaran 9, 6 Milyar sementara pekerjaan oleh  PT. Realita Timur Perkasa  dan ditargetkan  selesai akhir Desember 2020 mendatang. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed