Sektor IKM/UMKM Kota Manado Kembali Bangkit, Wamendag Jerry Sambuaga Puji Terobosan Walikota GSVL

Jurnal6 Manado – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia bahkan Provinsi Sulawesi Utara khususnya Ibukota Manado sempat membuat perekonomian terpuruk  dan berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat. Namun demikian, pemerintah termasuk Kota Manado tak tinggal diam.

Berbagai terobosan terus dilakukan Pemerintah Kota Manado untuk menggerakan sektor usaha  terus dilakukan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah Kota Manado dengan terus mendorong pengembangan di sektor IKM/UMKM (Industri Kecil Menengah/Usaha Mikro Kecil Menengah) bahkan melakukan ekspansi bisnis produk-produk lokal secara global.

Terkait hal ini  Pemerintah Kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota
Dr. Ir. GS. Vecky Lumentut (GSVL) M.SI, M.M, D.E.A melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado menggelar kegiatan “Kick Off Duta IKM UMKM Go Export” yang berlangsung di God Bless Park di Jalan Boulevard Manado, Sabtu (3/10/20).

Kegiatan ini  dihadiri langsung Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga, Pjs. Gubernur Sulut, DR. Drs. Agus Fantoni, Msi, diwakili Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ir Ronald Sorongan, Walikota Manado, Dr. Ir.Vicky Lumentut M.SI, M.M, D.E.A,  KADIN Sulut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Warokka, S.Pd, DEA, Badan POM, Dandim 1309 Manado Letkol Inf Yohanes Reymond Raja Sulung Purba SH, Kapolresta Manado AKBP Elvianus Laoli, serta pelaku IKM/UMKM Kota Manado.

Dalam sambutannya Wakil Menteri Perdagangan RI DR. Jerry Sambuagamemberi apresiasi langkah Walikota manado GSV Lumentut dalam melakukan berbagai terobosan  untuk menggeliatkan perekonomian di Kota Manado terutama sektor bisnis IKM -UMKM yang merupakan sector usaha paling  terpuruk di masa pandemic covid 19.

Wamendag Sambuaga juga menambahkan kegiatan Kick Off Duta UKM UMKM Go Export merupakan salah satu aksi wujud kongkrit dari apa yang sudah dilakukan pada salah satu kegiatan webinar beberapa waktu lalu yang dihadiri  Walikota Manado, terkait export maupun dan  produk-daerah

“ Sesuai apa yang kita bicarakan,  ini adalah salah satu hasil kongkrit “ Kick Off Duta UKM UMKM Go Export” sekaligus menunjukan adanya produk -p roduk daerah yang bisa kita export dan kita bisa expansi tidak hanya di kawasan tetapi juga sampai ke tingkat global, ini luar biasa dalam konteks kegiatan ekonominya berjalan dengan mematuhi protocol kesehatan. Saya juga melihat kemarin saat pulang kampung ke Manado saya lihat dari bandara menuju tempat penginapan ternyata ini luar biasa pergerakan aktifitas tetap jalan dan disiplin menggunakan masker, dan saya pikir ini patut dicontoh daerah-daerah lain,” terang Sambuaga.

Sementara itu Pjs. Gubernur Sulut, DR. Drs. Agus Fantoni, Msi dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ronald Sorongan  menyambut baik serta mendorong peningkatan IKM/UMKM di Kota Manado..

“ Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada Panitia Sentra IKM/UKM Manado atas gagasan dan sinergitasnya dengan segenap pihak mengupayakan terlaksananya kegiatan yang sangat berpotensi memberikan dampak terhadap perkembangan sektor IKM UMKM di Provinsi Sulawesi Utara, ” ucap Sorongan mengutip sambutan Pjs. Gubernur Sulut.

Lanjut Sorongan masih mengutip sambutan Pjs. Gubernur, Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat signifikan untuk perekonomian nasional.

IKM/UMKM disampaikan juga oleh Sorongan, merupakan penggerak utama kegiatan ekonomi di berbagai sektor seperti penyedia lapangan kerja, penunjang utama dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. Ditambah lagi, sebagai pencipta pasar baru dan sumber inovasi, memberikan kontribusi dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) pun berupaya meningkatkan perekonomian di daerah Nyiur Melambai ini, seperti pengembangan IKM/UMKM sebagai salah satu program prioritas dalam pembangunan ekonomi daerah.

Dengan demikian diharapkan dapat menekan tingkat pengangguran, menurunkan kemiskinan, mempercepat laju pergerakan sektor ril dan memperbaiki peningkatan produktivitas dan daya saing serta mampu menyelaraskan struktur perekonomian nasional, mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dipaparkan Sorongan, IKM/UMKM di Provinsi Sulawesi Utara semakin berkembang, bahkan mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan perekonomian daerah.

“Hal ini antara lain diindikasikan dengan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang sejak tahun 2016 sampai 2019 selalu berada di atas rata-rata nasional, yakni pada angka rata-rata 6%. Bahkan dalam masa pandemi covid-19 di tahun 2020, perekonomian Sulawesi Utara secara kumulatif (pada semester 1) masih bertumbuh positif pada angka 0,38%. Angka kemiskinan yang mampu ditekan hingga berada pada angka 7,51% di tahun 2019 dari sebelumnya 8,98%

Harapan Pemprov Sulut, upaya inovatif dan kegiatan Pemkot Manado lewat Disperindag Manado akan membantu pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan sektor IKM/UMKM, serta akan turut mempromosikan produk UKM/UMKM Bumi Nyiur Melambai.

Himbauan untuk tetap mencegah menyebarnya Covid-19 tetap disuarakan Pemprov Sulut dengan melaksanakan segala aktivitas sesuai protokol kesehatan.

“Hingga detik ini kita masih menerapkan kebijakan pembatasan terhadap aktivitas atau kegiatan-kegiatan. Saya mengajak kita semua yang hadir di tempat ini untuk terus patuh melaksanakan kebijakan-kebijakan Pemerintah, terus saling mengingatkan dalam penerapan sosial kemasyarakatan, physical distancing dan tetap melakukan 4M, yakni: memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

“Mari terus satukan langkah untuk bersama-sama menghadapi covid-19. Semoga kita cepat dipulihkan dari pandemi ini, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal lagi untuk memulihkan kondisi perekonomian kita untuk memajukan daerah Sulawesi Utara, dan turut serta dalam membawa Indonesia menjadi negara maju, ” tutup Sorongan mengutip sambutan Pjs Gubernur.( stem*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *