oleh

Hadiri Festival Moon Cake, Mor-Hjp Disayangi Warga Klenteng Ban Hin Kiong dan Kwan Kong

MANADO,JURNAL6.COM- Calon Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan serta istri Imelda Bastiaan Markus beserta Calon Wakil Walikota Hanny Joost Pajouw juga istri Dayvi Pajouw Mailoor malam ini (2/10/2020) larut dalam kegembiraan Moon Cake Festival (Kue Bulan) atau Festival Bulan yang dilaksanakan umat Tri Dharma di Kota Manado. Mor dan Pajouw berkunjung di 2 lokasi Tempat Ibadah Tri Dharma besar di Manado yaitu Klenteng Ban Hin Kiong dan Klenteng Kwan Kong.

Festival yang dilaksanakan setiap tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek sebenarnya jatuh pada 1 Oktober, kemarin. Namun seremonial perayaannya dipindahkan ke hari ini dengan beberapa pertimbangan.

STA GINOSKO

“Acara festival ini pada tahun-tahun sebelumnya kami rayakan dengan meriah dan terdiri dari rangkaian termasuk Bazaar Kuliner. Namun untuk tahun ini kami melakukan penyesuaian dengan situasi Pandemi COVID-19 yang masih terus terjadi. ” papar Jemmy Binsar, Ketua Badan Pengurus TITD Ban Hin Kiong.

“Disebut Festival Bulan karena dirayakan pada hari di mana Bulan mencapai Purnama penuh, sebagai lambang tercapainya kesempurnaan Dewi Tan Im dalam kepercayaan kami. Perayaan ini sangat mirip dengan kegiatan Pengucapan Syukur yang ada di Minahasa. Karena kami juga bersyukur atas berkah Yang Mahakuasa dengan panen yang berlimpah untuk keluarga kami. ” lanjut Binsar.

Kunjungan Mor HJP yang disertai oleh Wakil Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone dan anggota DPRD Manado dari Partai Demokrat Lily Walanda, tentu melengkapi kegembiraan umat Tri Dharma yang sedang merayakan festival yang diwarnai dengan kue-kue berbentuk bulat dan aneka Kue Pia khas Festival Bulan.

“Malam ini kami menghadiri perayaan Festival Mooncake yang ada di 2 tempat ibadah. Memang kali ini tidak seperti biasanya karena kita sedang dalam keadaan Pandemi COVID-19. Karena itu saudara-saudara kita ini hanya datang berkumpul dalam jumlah sedikit yaitu para umat dan keluarga untuk sembahyang dan mengucap syukur. Kami sangat senang bisa berbaur bersama umat yang ada dan saling berbagi cerita. Harapan kami untuk tahun depan pandemi ini sudah selesai dan acara ini bisa dirayakan dengan meriah.” pingkas Mor.

(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed