oleh

Blanko KTP Habis, Lombongadil: Kami Meminta Suplai dari Pemprov Sulut

-Sangihe-77 views

Sangihe, Jurnal6
Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Daerah Kepulauan Sangihe tunjang pemenuhan dokumen kependudukan bagi wajib pilih. Kepala Dinas Dukcapil Daerah Kepulauan Sangihe, Ratna Lombongadil SH mengatakan, dampak Covid-19 berimbas terhadap pemenuhan blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang biasanya didatangkan dari Pemerintah pusat saat ini terkendala dengan adanya pembatasan.

“Jadi demi memenuhi kebutuhan di Daerah seiring peningkatan kepengurusan KTP, kami di Dukcapil Sangihe meminta suplai dari Pemerintah Provinsi,” katanya.

STA GINOSKO

Apalagi kata Lombongadil, untuk blanko yang tersedia saat ini tidakdapat memenuhi kebutuhan hingga hari H Pemilihan umum.

“Persiapan blanko memang untuk saat ini tidak memenuhi kebutuhan.Biasanya dari Dinas Dukcapil saat ada kegiatan ke pusat sekalian jemput blanko, tapi karena Covid tidak ada staf yang melaksanakan tugas ke Dirjen untuk koordinasi ataupun penjemputan blanko. Artinya untuk saat ini tidak mencukupi blanko yang tersedia hingga hari H pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujar Lombongadil.

Yang pasti, lanjut Kadis Dukcapil Sangihe ini, pada prinsipnya pelayanan KTP tetap dilakukan dan diupayakan tidak mengalami kendala sesuai hasil koordinasi dan komunikasi untuk pemenuhan blanko.

“Ada upaya juga dari pihak Provinsi untuk menyiapkan itu dan akan adadroping blanko untuk kabupaten/kota yang ada di Sulut. Sebagaimana sudah ada koordinasi melalui telfon dan beberapa hari lalu kami ke Provinsi melakukan koordinasi dan sudah ada upaya yang akan dilakukan pihak Provinsi,” ungkapnya sembari menghimbau bagi semua masyarakat yang wajib KTP dapat melakukan perekaman data dan mengurus dokumen kependudukan. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed