oleh

Clay Dondokambey Pimpin Rapat Panitia HUT RI ke 75 di Kantor DPRD Sulut, Masyarakat Dihimbau Hening Cipta Selama 3 Menit

Jurnal6 Manado – Kegiatan Peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia yang ke 75 di Sulawesi Utara terus dimatangkan panitia pelaksana dengan menggelar rapat persiapan di Gedung DPRD Sulut Selasa (4/8/20).

Ketua Panitia pelaksana Clay Dondokambey didampingi Koordinator Seksi acara Glady Kawatu memimpin langsung rapat persiapan yang dihadir unsur TNI/Polri, Kemenkum Ham, perangkat daerah yang terlibat dalam kepanitiaan.

Dalam keterangan pers, ketua Panitia Clay Dondokambey menjelaskan seluruh rangkaian kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 75 tahun di Sulawesi Utara yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Agustus 2020.

“ Kegiatan rapat Panitia hari ini merupakan rapat kami yang ke tiga dalam persiapan HUT Proklamasi, sebelumnya dilaksanakan di kantor Gubernur  dipimpin pak Sekprov, kemudian rapat kedua bersama unsur dari pusat dan ketiga rapat di Kantor DPRD sekaligus ibu Sekwan yang menjadi koordinator seksi acara, terima kasih ibu sekwan boleh memfasilitasi  boleh dilaksanakan digedung rakyat ini ” ucap Dondokambey yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setda Prov Sulut ini.

Ditambahkannya  adalah  empat rangkaian besar peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan tahun 2020 yang akan dilaksanakan panitia yakni,

  1. Kegiatan Pembukaan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat  7 Agustus 2020 yang dipusatkan di Kantor Gubernur
  2. Mendengarkan pidato Kenergaraan Presiden RI dalam memperingati HUT proklamasi kemerdekaan tanggal 14 Agustus 2020 yang akan berlangsung di Kantor DPRD Sulut.
  3. Apel kehormatan dan renungan suci yang lazim dilaksanakan sehari sebelumhari H  yakni tanggal 16 Agustus tahun 2020 pukul 00.00 di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado
  4. Rangkaian puncak HUT Proklamasi RI ke 75 dengan 5 kegiatan yakni pemberian remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, pelaksanaan upacara peringatan HUT Proklamasi  HUT RI di halaman  kantor Gubernur Sulut, mengikuti secara virtual detik-detik proklamasi langsung dari Istana Presiden, kegiatan upacara penuruan bendera merah putih dari Istana Negara yang dilaksanakan secara virtual

“ Perlu menjadi catatan penting dalam rangkaian HUT Proklamasi tahun 2020 dilaksanakan berdasarkan surat edaran Menteri Sekretariat Negara dengan melaksanakan secara protokol kesehatan covid 19 sehingga rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana namun hikmat, dalam arti tidakmengurangi nilai-nilai kejuangan dan rasa nasionalisme sehingga  dalam peringatan HUT RI kali ini tidak bisa berkumpul dalam  keamaian namun diatur secara protocol kesehatan.” tutur Clay.

Masyarakat Sulawesi Utara juga dihimbau pada upacara puncak nanti saat detik-detik proklamasi melaksanakan pengumandangan lagu Kemerdekaan  Indonesia Raya dan hening cipta atau mengambil posisi tegap selama tiga menit pada pukul 11.17 sampai pukul 11.20 .

“ Jadi pada saat detik-detik Proklamasi semua kegiatan masyarakat berhenti ditandai bunyi sirene dari semua unsur TNI/Polri, Dinas Perhubungan melalui kendaraan yang ada  serta lonceng  Gereja dan beduk di Masjid. Ini merupakan rasa nasionalis serta cinta tanah air bagi Negara Republik Indonesia walaupun di tengah pandemic covid 19.” terangnya. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed