oleh

MJP Terima Aduan Warga Tateli Satu, RS Awaloei Diduga Abaikan Kesehatan Lingkungan

Jurnal6 Manado – Keberadaan Rumah Sakit Dr JH Awaloei dikeluhkan warga Desa Tateli Satu Minahasa khususnya yang bermukim di lingkungan I.

Hal tersebut terkait proses pembuangan limbah yang dihasilkan Rumah Sakit mengalir ke selokan melewati rumah warga . Tindakan Rumah Sakit yang baru diresmikan 10 Juni 2020 ini diduga mengabaikan Peraturan Menteri Kesehatan  Republik Indonesia Nomor 7Tahun 2019  tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

STA GINOSKO

Keluhan warga disampaikan kepada anggota komisi 4 DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan S.IP.MAP, M.Si, melalui akun media sosial miliknya.

Dalam aduannya  warga telah menyampaikan keberatannya karena pemukiman mereka dialiri limbah cair ini bahkan telah meminta pihak rumah sakit untuk menggunakan pipa 6 inci  agar tidak langsung mengalir di melalui selokan.

“ Warga sudah berupaya melaporkan ke aparat desa setempat, namun katanya pihak  RS tidak bergeming. Sebelum membangun selokan tersebut, tidak ada upaya dari pihak Rumah Sakit  untuk bertemu warga mensosialisasikan pembuangan limbah tersebut. Meskipun pihak RS mengelaknya dan menyatakan ada persetujuan dari masyarakat, “ ujar MJP

“ Mereka( warga ) tidak melarang limbah dibuang di selokan tersebut, namun mereka meminta untuk menggunakan pipa 6 inci agar limbah tidak akan mencemari lingkungan.Kepala jaga mengakui, pihaknya sudah berupaya menyampaikan ke pihak RS tapi tidak pernah digubris. Saat ini warga meminta secepatnya dipasang pipa sebab rumah sakit sudah beroperasi. “tandas  MJP mengutip laporan warga setempat.

Terkait hal tersebut MJP berjanji akan segera menindaklanjuti dengan  berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan solusi atas keluhan warga lingkungan I Desa Tateli Satu.(stem/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed