Peringati Harganas, Kodim 1301/Sangihe dan BKKBN Gelar Pelayanan KB Sejuta Akseptor

0
105

Sangihe, Jurnal6
Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27 Tahun 2020, Kodim 1301/Sangihe bekerjasama dengan BKKBN Kepulauan Sangihe, melaksanakan kegiatan KB sejuta akseptor. Kegiatan ini dilaksanakan serentak seluruh indonesia. Lokasi kegiatan tersebut dilaksanakan di Polkes 13.09.01 Satal Jl Tatehe Kelurahan Bungalawang Kecamatan Tahuna, Senin (29/06/2020).

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ini bertujuan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Kodim 1301/Sangihe bekerjasama dengan BKKBN Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan kegiatan KB serentak di Polkes 13.09.01 Satal, dengan mengusung tema “Melalui Keluarga, kita wujudkan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia maju”. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME, Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Sangihe Drs Z Harikatang, Kasdim 1301/Sangihe Mayor Inf Sonny B Saerang, Wakil ketua Persit KCK Cabang XIII Kodim 1301/Sgh Ny Lita Sonny B Saerang, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Sangihe Ibu Meipince Atas SST, Camat Tahuna, Kepala Klinik kesehatan 13.09.01 Sangihe Letda CKM  dr. Albertus Hendri Maria Santoso, Anggota Kodim 1301/Sangihe dan Persit, Tenaga kesehatan Klinik Kesehatan 13.09.01 Sangihe, Pegawai BKKBN Kab. Kepl. Sangihe, Masyarakat dan Undangan.

Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Sonny B Saerang menyampaikan, Program KB merupakan salah satu program  tidak boleh kita lupakan.

“Prograam KB merupakan salah satu program tidak boleh kita lupakan, meskipun ditengah pandemi pandemi Covid 19. Bisa dibayangkan jika pandemi ini berlangsung cukup lama, dan kita lengah dalam mengontrol jumlah penduduk, bisa jadi setelah pandemi ini selesai kita akan dihadapkan dengan masalah baru yaitu Ledakan Penduduk,” kata Kasdim.

“Sesuai dengan moto kita hari ini, “Berencana itu Keren” mari kita sama-sama mensukseskan program keluarga berencana, Mari kita wujudkan perencanaan keluarga yang matang guna mencetak sumber daya manusia yang unggul demi kemajuan Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi dam berterima kasih kepada  Kodim 1301 sangihe. 

“Saya selaku pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1301/Sangihe, yang berkenan menjadi mitra pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan yang bermanfaat ini. Pelaksanaan program KB serentak sejuta akseptor ini, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang ada, karena tujuan dari program ini adalah agar kebutuhan akan alat atau obat kontrasepsi bagi pasangan usia subur dapat segera terpenuhi, guna melindungi dari adanya kehamilan dimasa pandemi Covid 19,” kata Bupati.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan masyarakat, sejalan dengan itu kami mengharapkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah mensukseskan segala program yang dilaksanakan sehingga secara bersama kita dapat membangun Kab. Kepl. Sangihe sebagai daerah perbatasan NKRI, gerbang maritim yang maju, sejahtera dan mandiri,” tutupnya.

Kegiatan pelayanan KB satu juta Akseptor yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, melalui BKKBN Sangihe bekerja sama dengan Kodim 1301/Sangihe dan Polkes 13.09.01 Satal. Dengan tujuan untuk menekan atau mengurangi angka kelahiran penduduk diwilayah Indonesia yang berada pada masa Pandemi Covid-19.(Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here