oleh

Internet Lalod, PT PLN Didesak Sambung Jaringan Listrik ke Tower Telkomsel di Desa Tondei

-Minsel-107 views

Amurang, Jurnal6
Pemasangan tower oleh PT Telkomsel di Desa Tondei, Kecamatan Motoling Barat, membawa angin segar bagi ribuan pengguna internet dan telepon selular. Penantian warga selama belasan tahun akhirnya terjawab pada Maret 2020. Status ‘late post’ pun berganti ‘live broadcast’.

Kendati demikian, keluhan lain muncul. Penggunaan internet di Desa Tondei tak sama dengan wilayah lain di Indonesia. Waktu penggunaan dibatasi karena jaringan internet hanya bergantung pada ketersediaan solar yang menghidupkan genset.

“Biasanya, paling lama jam 8 malam, internet sudah mati karena genset di tower sudah mati juga,” kata Michael Sumarauw, warga Desa Tondei, Rabu (1/3/2020).

PT PLN Wilayah Motoling pun diminta berkontribusi. Sebab, sumber listrik dari genset yang sudah disediakan PT Telkomsel pada tower yang mereka bangun, tak mampu mencukupi kebutuhan listrik pemancar internet dan jaringan telepon. Butuh asupan listrik yang stabil dan besar jaringan listrik PT PLN.

“Kami mohon pihak PT PLN untuk segera memasang jaringan listrik ke tower internet yang sudah susah payah dibangun oleh PT Telkomsel, supaya jaringan internet di Desa Tondei Raya menjadi normal,” desak Sumarauw.

Akibat keterbatasan jaringan, ratusan pelajar dan mahasiswa di Desa Tondei Raya terpaksa harus membuat tugas di kawasan perkebunan yang mendekati tower internet di wilayah Desa Ongkau atau Desa Tiniawangko, Kecamatan Sinonsayang. Jaringan perusahaan provider lain di wilayah itu lebih besar dan stabil karena menggunakan listrik langsung dari jaringan PT PLN.

“Kalau mau mengerjakan tugas sekolah, kami harus mencari jaringan dari BTS (Base Transceiver Station, red) lain di kawasan perkebunan antara Desa Tondei, Ongkau dan Tiniawangko. Sebab, jaringan di desa kami sangat lalod (lambat loading, red). Tidak mampu untuk membuka website yang kami cari,” kata Andrew Tambaani.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed