oleh

Kadis PMD Instruksikan Kumtua Anggarkan Pencegahan COVID-19 dalam APBDes

-Minsel-7 views

Amurang, Jurnal6
Gerakan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dilakukan secara sistematis, masif dan terstruktur. Perlindungan menyeluruh warga kabupaten yang dinahkodai Christiany Eugenia Paruntu (CEP), jadi tujuan. Anggaran, tenaga dan strategi pun dikerahkan.

Teranyar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengeluarkan ‘maklumat’ agar seluruh Hukum Tua (Kumtua) se-Kabupaten Minsel, menganggarkan dana pencegahan COVID-19. Itu harus dituangkan dalam buku Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). “Semua desa harus ada anggaran pencegahan penyebaran COVID-19. Masukkan anggaran itu dalam APBDes,” tegas Kepala Dinas PMD Minsel, Hendrie Lumapow dan diaminkan Sekretaris Dinas PMD, Altin Sualang, Senin (30/3/2020).

Penganggaran tersebut, jelas dia, bisa dalam bentuk pengadaan disinfektan untuk penyemprotan, masker, handscoon, atau alat pencegahan penyebaran virus corona lainnya. “Tapi, disesuaikan saja dengan kondisi dan kebutuhan desa yang bersangkutan. Hukum Tua pasti lebih tahu keadaan di desanya masing-masing,” terang Lumapow.

Namun, kata Lumapow, anggaran pencegahan tidak bisa dianggarkan pengadaan bahan makanan. Pasalnya, saat ini masih pada masa pencegahan. “Kalau masih masa pencegahan, tidak bisa penganggaran bahan makanan. Kecuali jika sudah masa darurat COVID-19, itu baru bisa. Tapi kita berdoa agar daerah kita tidak sampai pada tahap itu,” jelasnya.

Ditambahkan Sualang, instruksi ini dikeluarkan berdasarkan perintah Bupati Minsel, Christiany Paruntu. Isinya, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terlibat langsung dalam pencegahan COVID-19. “Jadi harus ada sinergitas serta koordinasi yang baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa dalam pencegahan COVID-19. Kami minta semua Kumtua untuk segera memasukkan APBDes agar kegiatan pencegahan sudah bisa jalan secepat mungkin,” pungkas Sualang.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed