oleh

Sambangi Kantor BPBD Sulut, Legislator RI Felly Runtuwene Pantau Kesiapan Mitigasi Penanganan Covid 19

Jurnal 6 Manado – Ketua komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene Jumat (27/3-2020) mendatangi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut untuk mengetahui langkah pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dalam mitigasi penanganan Virus Corona (Covid 19).

Dalam pertemuan terbatas bersama Kepala BPBD Sulut Joy Oroh dan jajaranya,  anggota DPR RI Dapil Sulut ini ingin memastikan upaya yang dilakukan BPBD guna memutus rantai penyebaran virus berbahaya di tengah masyarakat.

“ Ibu datang kesini memang pengen tau apa yang sudah dilakukan BPBD Sulut  dalam melakukan tugasnya terutama sejauh mana pencegahan penularan Virus Covid 19, “ ungkap Politisi NasDem ini.

Menurutnya ada 4 poin yang disampaikan BPBD Sulut diantaranya tindakan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan pemantauan khusus di bandara udara  serta pelabuhan kapal yang  merupakan pintu masuk/ keluar orang.

Selain itu dia mengingatkan terminal angkutan darat jangan sampai luput dari perhatian untuk dilakukan pencegahan penyebaran virus Corona.

“ Jangan hanya pelabuhan laut dan bandara,  tapi darat-pun penting karena kita menjadi jalur trans Sulawesi apalagi kita belum ada namanya lockdown berarti dari sana bisa masuk gitu, dari  trans Sulawesi masukke daerah kita. Ini juga penting terminal angkutan darat kita harus dijaga saya minta ini harus jelas dan terintegrasi dan tuntas, itu tugas dari BPBD. “ujar Felly sambil menambahkan  langkah strategis dan terintegrasi dari semua  pihak dapat dilaksanakan secara maksimal .

Meski demikian dirinya memberi apresiasi  apa yang sudah dilakukan BPBD Sulut dan berharap agar lebih banyak memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana  menjaga diri agar terhindar dari virus Corona.

Disisi lain Kepala BPBD Sulut Joy Oroh mengungkapkan hingga saat ini BPBD tengah melakukan upaya maksimal  dalam mitigasi penanganan Covid 19.

“ Kami sudah informasikan kepada ketua komisi IX DPR RI bahwa kami bagian dari satgas Covid 19 bagaimana kita meminimalisir penyebaran virus Covid 19 ini, langkah-langkah yang dilakukan seperti penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum sudah dilakukan sejak pekan lalu seperti terminal, pelabuhan kapal dan Bandara termasuk perkantoran milik pemerintah dan swasta bahkan di rumah-rumah ibadah Gereja dan Mesjid. “ujar Oroh.

Ditambahkannya saat ini BPBD Sulut menerima  230 permintaan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi  fasilitas umum dan perkantoran.  “ Kami sudah melakukan penyemprotan itu hampir 200 lokasi masih ada sekitar 60 tempat kami upayakan sampai besok untuk dilakukan penyemprotan. Teman-teman di BPBD juga  betul-betul memberikan dirinya karena kita tahu bersama himbauan untuk bekerja di rumah, tapi kan harus di lapangan, “ pungkas Oroh. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed