oleh

Legislator Fabian Kaloh : 4 Tahun Kepemimpinan ODSK Telah Memberi Banyak Kemajuan di Semua Lini Sektor

Jurnal6 Manado – Empat Tahun kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur  Steven OE Kandouw (ODSK) dimata anggota parlemen Sulut Fabian Kaloh  telah memberikan banyak kemajuan di semua lini sektor yang ada di daerah Nyiur Melambai  melalui sejumlah program unggulan  yang merupakan  implementasi  dari program Nawacita Presiden Jokowi.

Keberhasilan tersebut  dilihat melaui indicator pembangunan suatu daerah telah memberikan dampak yang sangat  positif terutama pada periode dua tahun terakhir ini.

“ Kepemimpinan ODSK menjadi moment untuk mengevaluasi, memberikan apresiasi sekaligus juga mengkoreksi apa yang kurang. Menurut saya kalau kita mengacu pada indicator pembangunan suatu daerah cukup menggembirakan dua tahun terakhir ini, minimal satu tahun terakhir ini-lah, “ ungkap legislator Dapil Bitung-Minut ini. Selasa (11/2-2020)

Dikatakannya, sebagai lembaga legislative yang menjadi mitra pemerintah akan terus mengevaluasi  7 program prioritas ODSK yang belakangan ini  sudah menunjukan indikasi yang cukup baik antara lain indeks pembangunan manusia, inflasi yang cukup rendah ada di poin 83, kemiskinan dari tahun ke tahun menurun dimana tahun 2019 berada di angka 7,66 persen, kemudian angka pengangguran mengalami penurunan dan gini rasio masyarakat berada di level 0,37.

“ Tujuh skala proiritas di tahun 2020 memang kita akan evaluasi, tapi saya pikir itu prioritas yang baik seperti  penanggulangan kemiskinan, pengangguran, Sumber Daya Manusia, Pariwisata dan Ketahanan Pangan, Industri dan Ekonomi kreatif, Infrastruktur, ketentraman dan ketertiban, reformasi birokrasi  serta mitigasi bencana ,” papar anggota komisi I DPRD Sulut ini.

Disisi lain mantan birokrat di Pemerintahan Kota Bitung ini  mengingatkan terkait reformasi birokrasi yang selama ini sudah baik tour of duty dengan tour of area yang konsisten pada mekanisme aturan yang ada. Namun yang masih dirasakan kurang justru kinerja para pejabat, baik pejabat eselon II maupun eselon III.

“ Saya menggunakan istilah pak Gubernur dan Wagub ODSK  sudah lari 100 tapi masih ada yang lari 60-70. Mereka itu perlu digenjot lagi, walaupun tidak semua ada beberapa yang cukup hebat tetapi beberapa yang mesti dievaluasi.” tandas Kaloh.

“ Sebagai anggota DPRD Sulut sekali lagi saya apresiasi terhadap barbagai capaian-capaian diraih pemerintahan ODSK  saat ini. Namun ada catatan-catatan penting bagi para birokrat para mitra kerja untuk lebih giat lagi berpikir, bertindak dan melangkah.” pungkasnya. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed