oleh

Legislator Sulut Jein Rende Dorong Diskop Tingkatkan Peran di Sektor UKM

Jurnal6 Manado – Sekretaris Komisi II DPRD Sulu Jein Rende minta Dinas Koperasi dan UKM Sulut agar lebih memiliki peran lebih dalam mendorong pertumbuhan sector Usaha Kecil Menengah khususnya yang ada di wilayah Kabupaten/Kota.

Harapan politisi PDIP ini disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Koperasi dan UKM Daerah Sulut yang dihadiri langsung kepala Dinas Ir. Ronald Sorongan, M.Si.

Rende mengungkapkan, peran koperasi dan UKM  melalui program serta kegiatan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil yang ada di masyarakat.  Untuk itu menurutnya Pemerintah melalui Dinas Koperasi  dapat lebih gencar melaksanakan perannya  melalui sosialisasi  karena hal tersebut sangat penting apalagi terkait pembiayaan kemudian proses industrinya sampai kepada pemasarannya.

“ Karena saya pikir juga untuk hal ini penting juga karena biasanya permasalahan dari para pelaku usaha menengah seperti dikatakan tadi biasanya dari segi permodalan proses industri sampai pemasarannya. Ini kembali bagaimana peran koperasi lebih kepada tindakan nyata untuk saat ini.” terang legislator Dapil Mitra -Minsel ini.

Ditambahkannya berkaca dari pengalaman saat reses turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) terutama di desa-desa, kebanyakan masyarakat  bertanya bagaimana proses mendapatkan bantuan, bagaimana proses pengajuan proposal untuk megembangkan usaha-usahanya, begitu pun terkait produk-produk yang akan dikembangkan yang menjadi ciri khas daerah itu sendiri.

“ Misalnya di Minahasa Tenggara ada produk utamanya buah salak  dijadikan apa maupun Minahasa Selatan dengan produk cap tikus. Jadi bagaimana peran itu mulai dari pembiayaan-pembiayaan, proses industri sampai pada pemasarannya, “ pungkas Rende. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed