oleh

FDW-VGMI Hampir Pasti di Pilbup Minsel, Komunikasi Politik PDIP-Demokrat Intensif

-Minsel-144 views

Amurang, Jurnal6
Konstelasi politik jelang Pemilihan Bupati (Pilbup) di Minahasa Selatan (Minsel), terus berubah. ‘Gerilya’ dialog antar pimpinan partai jadi penyebab. Utak-atik pasangan calon bupati dan wakil bupati pun menghasilkan ‘fusi’ berbeda.

Alhasil, koalisi sejumlah partai politik memadukan figur jagoannya alami ‘kelabilan’. Nyaris tiap bulan terjadi perubahan. Tak terkecuali di partai sekelas Partai Golkar, PDIP, Demokrat, Nasdem dan Demokrat.

Teranyar, rumor koalisi PDIP dan Demokrat untuk Pilbup 2020, menyebar luas. Koalisi ini kans mengusung Franky Donny Wongkar (FDW) dari PDIP dan Verna Gladys Merry Inkiriwang (VGMI) dari Demokrat. “Koalisi PDIP dan Demokrat semakin pasti. Yang akan diusung adalah Wakil Bupati pak Franky Wongkar dan dr Verna Inkiriwang,” ungkap sumber yang meminta namanya tidak dipublikasikan, Selasa (26/11/2019).

Dipilihnya pasangan FDW-VGMI, kata dia, telah melalui perhitungan matang. “Meskipun baru wacana awal, namun perhitungan kekuatan dua dua figur semakin memperkuat jalinan koalisi PDIP dan Demokrat akan terjadi,” terang sumber itu lagi.

Ketua DPC Demokrat Minsel, Royke Kaloh, ketika dikonfirmasi, tak menampiknya. Kendati tidak mengiyakan, namun secara implisit, dia mengakuinya. “Kan tidak perlu saya katakan iya lagi. Lihat saja, hampir tiap hari kami (Pimpinan Demokrat dan PDIP, red) ketemuan,” kata Kaloh sambil tertawa.

Hanya saja, kata anggota DPRD Minsel itu, semua tergantung keputusan DPD dan DPP Partai Demokrat. “Apapun keputusan DPD dan DPP, pasti akan kami jalankan. Sebab, soal koalisi dan kader yang akan diusung tergantung SK DPP,” terangnya.

Sejumlah kader PDIP dan Demokrat ketika ditanya soal kemungkinan pasangan FDW-VGMI, menyambut gembira. “Kalau pasangan FDW-VGMI terjadi, potensi kemenangan semakin besar. Itu berarti bahwa kerja kita di akar rumput akan semakin ringan. Tapi, itu semua tergantung partai. Apapun keputusannya akan kami dukung,” kata Johnly Ombeng, anggota DPRD dari Fraksi PDIP.

“Mereka (FDW-VGMI) pasangan ideal. Kita semakin mudah menang jika terjadi koalisi ini,” imbuh Wulan Wungow, anggota DPRD Minsel dari Fraksi Demokrat.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed