Roling Eselon II, Lawendatu: Tinggal Tunggu Rekom KASN

0
66

Sangihe, Jurnal6
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dipastikan akan melakukan roling jabatan khusus eselon II sebelum berakhir tahun 2019. Roling dilakukan menyusul telah selesai dilakukannya fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap sejumlah pejabat, belum lama ini di Manado. Bahkan hasil dari uji kelayakan dan kepatutan yang saat ini tengah digodok Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD), nyaris rampung dan segera dibawa ke Komisi Aparat Sipil Negara (KASN).

“Saat ini laporan yang kami godok terkait hasil fit and proper tes sudah mencapai 90 persen, dan secepatnya akan kami bawa ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi melakukan roling,”ungkap Kepala BKDD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Steven Lawendatu STTP.

Dijelaskan, dalam sistim perekrutan pejabat eselon II setelah mendapat rekomendasi KASN, akan dilakukan secara transparan lewat open biding atau seleksi terbuka yang dapat langsung diawasi berbagai pihak termasuk masyarakat.

”Jelas bebas KKN, sebab semua serba transparansi proses seleksi dan perekrutan, bahkan saya berharap masyarakat turut mengawasinya,” ujarnya.

Ditemui sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Edwin Roring SE,ME mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan wajib dilakukan meski rolingmasih sebatas bertukar tempat, termasuk dilakukan open biding agar hasil seleksi dapat dipertanggungjawabkan ke publik.

”Sebab Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe wajib mematuhi aturan yang berlaku, sehingga dalam pelaksanaan roling harus dilalui lewat uji kelayakan dan kepatutan dan seleksinya dilakukan secara terbuka,” kata Sekda.

Sementara 10 pejabat setingkat kepala dinas (Kadis) telah mengikut uji kelayakan dan kepatutan, masing-masing Jefry Tilaar SE,ME (Kadis Pariwisata), Ir Felix Gaghaube (Kadis Perindustrian Perdagangan), Ernest Unas SPi MSi (Kadis Kelautan Perikanan) Olden Lahamendu (Kadis Perpustakaan dan Arsip) Drs Irklis Sombonaung (Kadis Komunikasi dan Informasi), Hery Wolf (Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan), Drs J Parena (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja), Drs Sukard Adilang) Kadis Perumahan dan Pemukiman) serta Serly Lalu (Kadis Pangan) dan Ir Rence Tamboto (Staf Ahli Bidang Pembangunan). (Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here