Unsrat Peringati Hari Sumpah Pemuda, Rektor: Bersatu Kita Maju!

0
90

UNIVERSITAS Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Kali ini peringatan tersebut mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’.  Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA dan segenap civitas akademika, hadir dalam upacara yang digelar di lapangan Unsrat, Senin (28/10/2019).

Dalam upacara ini, Kumaat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Dia menyatakan, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda Indonesia bisa lebih maju,” ujar rektor.

Lanjutnya, pemuda Indonesia harus memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda didunia,” bebernya.

Menurutnya, bangsa ini tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi , tapi harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kalau pemuda generasi dahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia,” katanya.

Kumaat juga menambahkan, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik dirinya mengajak kepada seluruh pemuda untuk tetap menjaga persatuan bangsa. “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pungkasnya.(lla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here