Kumaat Raih Academic Leader 2019, Apresiasi Rektor Berdedikasi Tinggi

Minsel202 views

Manado, Jurnal6.com
Bertepatan dengan momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Academic Leader Award 2019. Acara yang diselenggarakan di Hotel Vertu Harmoni, Jakarta tersebut berlangsung meriah. Kegiatan itu dihadiri  para rektor, dosen, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Penghargaan Academic Leader 2019 diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan tinggi Tanah Air. Adapun anugerah ini terbagi dalam dua kategori besar, yaitu kategori dosen berdasarkan bidang keilmuan yang diampu, serta kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi dan kepala lembaga layanan pendidikan tinggi (LL-Dikti).

Pada sambutan pembukaan, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, kemampuan leadership menjadi modal utama bagi rektor untuk memimpin perguruan tinggi. Terlebih, saat ini Indonesia tengah mengejar pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk peningkatan daya saing bangsa.

“SDM unggul tidak akan ada tanpa perguruan tinggi yang berkualitas. Perguruan tinggi berkualitas ada karena dosen-dosen yang andal. Untuk membentuk iklim akademik yang kondusif, tentu dibutuhkan kepemimpinan yang baik pula,” tutur Dirjen Ghufron, Selasa (1/10/2019).

Dalam ajang tersebut rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen J Kumaat meraih  Academic Leader 2019 ntuk kategori dosen dengan “Tugas Tambahan” di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU). Sejak menjadi rektor pada 2014, Ellen mengembangakan tata kelola sumber daya manusia, sumber daya inovasi dan sumber daya keuangan, serta meningkatkan akreditasi universitas dari B menjadi A; peringkat universitas dari 70 menjadi 27. (lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *