oleh

Janji Evakuasi Warga Kawanua di Wamena Dinilai Hanya Penciteraan

Foto ilustrasi pesawat Hercules TNI

Manado, Jurnal6 – Ratusan warga Kawanua, diperkirakan masih berada di Wamena, Papua. Upaya mereka untuk keluar dari Wamena pasca kerusuhan, belum berhasil. Janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) membantu warga Kawanua pun dinilai hanya pencitraan.

Ini dibuktikan dengan kesaksian salah seorang warga Sulawesi Utara yang baru keluar dari Wamena. “Siapa bilang yang mengevakuasi warga Sulut dari Pemprov? Kami berhasil keluar dari Wamena karena pertolongan Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dan dari AURI,” aku Chantika Sumolang, Kamis (3/10/2019).

Diungkapkan Sumolang, saat mereka keluar dari Wamena, mereka menumpang pesawat Hercules dari AURI. “Kalau pesawat itu memang dikirim Pemprov Sulut, mengapa warga Kawanua yang naik ke pesawat itu hanya dua orang?” semburnya.

Karena tidak adanya angkutan dari Pemprov Sulut, banyak warga Sulut yang keluar dari Wamena menggunakan pesawat komersil. Itupun jumlahnya terbatas, sebab tidak semua orang yang mau mengungsi memiliki uang yang cukup untuk beli tiket pesawat. “Kami terpaksa harus patungan untuk beli tiket pesawat,” tandasnya.

Hingga kini, kata Sumolang, masih banyak warga Sulut di Wamena. “Teman-teman kami tidak bisa lagi keluar dari Wamena, karena ada informasi bahwa evakuasi sudah dihentikan. Kami masih berupaya bagaimana menolong mereka keluar dari Wamena, sebab hidup disana sudah sulit karena tidak bisa lagi bekerja,” pungkasnya.(jurnal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed