oleh

Lolos Assessment LSP, Altin Sualang Tersertifikasi Fasilitator Berkompetensi Nasional

-Minsel-27 views

Amurang, Jurnal6
Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) torehkan sejarah baru. Keduanya sukses meraih sertifikat fasilitator berkompetensi tingkat nasional. Kedua ASN itu yakni Altin Sualang SSTP MAP dan Grace Sangian SE.

Sertifikat fasilitator berkompetensi ini dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Itu diberikan, setelah keduanya mengikuti assessment Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), lembaga yang ditunjuk Kemendagri, bersama ratusan fasilitator berstatus ASN se-Indonesia lainnya.

Menurut Sualang, sebelum menerima sertifikasi itu, mereka terlebih dahulu mengikuti assessment oleh LSP selama 6 hari. “Kami mengikuti pelatihan metodologi berbasis SKKNI selama enam hari, sejak 26 – 31 Agustus 2019 di Jakarta,” aku Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Minsel itu.

“Puji Tuhan, dari hasil Assesment dari Lembaga Sertifikasi Profesi, menyatakan tiga fasilitator utusan Sulut yang mana dua di antaranya berasal dari Kabupaten Minsel, telah lulus assesment sebagai Fasilitator Kompeten,” imbuh Sualang dan diaminkan Grace Sangian, yang juga sebagai Penjabat Hukum Tua Desa Tawaang.

Lolosnya sejumlah fasilitator di Indonesia, semakin menyukseskan program Presiden Indonesia, Joko Widodo. Menurut Direktur  Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa, Kemendagri, DR Drs Imran MSi MA, Kemendagri fokus untuk menjalankan amanat Presiden Jokowi untuk mempersiapkan SDM unggul sampai pada tingkat desa. Itulah alasan sehingga Kemendagri melakukan Pelatihan Metodologi Berbasis SKKNI. “Sasarannya adalah untuk memperlengkapi para fasilitator atau pelatih binaan Kemendagri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memiliki kompetensi berstandar kerja nasional Indonesia,” kata Imran saat pembukaan pelatihan dan assessment itu.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed