ADL Ancam Duduki PT MSM/TTN, Ini Penyebabnya

0
215

Manado, Jurnal6
‘Kenyamanan’ eksploitasi emas PT Meares Soputan Mining (MSM) dan Tambang Tondano Nusajaya (TTN), diusik. Ekspos data diduga fiktif, jadi pemantik. Lokasi perusahaan tambang emas itupun kans diduduki.

Dibeberkan Meybi Nelwan, Panglima Besar organisasi adat, Aliansi Doyot Linekepan (ADL), pada Rabu (28/8/2019), PT MSM/TTN menampilkan data ketenagakerjaan yang dinilainya fiktif. “Ternyata, terbukti dari data yang disampaikan oleh juru bicara HRD PT MSM/TTN, sangat bertolak belakang dengan hasil data yang dikumpulkan oleh ormas adat lokal Aliansi Doyot Linekepan bersama masyarakat,” tandas Nelwan, Senin (2/9/2019).

Data yang dipaparkan PT MSM/TTN, kata dia, yakni, jumlah karyawan sebanyak 1.940 karyawan. Sementara, hasil temuan ADL dan masyarakat, jumlah karyawan sebanyak 2.432. “Sumber informasi yang diperoleh dan dipegan oleh ADL adalah laporan PT MSM/TTN di hadapan executif dan yudikatif melalui website,” terangnya.

Ketidaksesuaian data ini, jelas dia, disebabkan ketertutupan PT MSM. “Itu terjadi karena benar adanya, sebab PT MSM/PT TTN sangat tertutup guna menutupi kecurangan dari masyarakat Lingkar tambang dan masyarakat lokal yang ada di Likupang,” tandas Nelwan melalui realese yang dia kirim ke redaksi jurnal6.com.

Apa yang ADL rasakan, jelas dia, juga pernah dialami Pemerintah Kecamatan Likupang Timur. “Itu disampaikan di pertemuan oleh Camat Likupang Timur Bapak Vandy Posumah. Dari hasil itu ormas adat lokal Aliansi Doyot Linekepan berjanji akan mengadakan aksi besar demo menutup dua pintu akses masuk PT MSM/TTN. Tidak hanya itu, kami bersama koalisi ormas adat tanah Minahasa dan masyarakat lokal, akan menduduki dan menuntut keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat lokal,” paparnya.(rul mantik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here