oleh

Liow Minta Kakanwil Kementerian Agama Sulut dari Pejabat Kristen

Amurang, Jurnal6
Desakan untuk menempatkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari pejabat beragama Kristen, semakin kuat. Sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama mendesak Menteri Agama untuk meninjau penempatan Kakanwil Kementerian Agama di Sulut. Teranyar, desakan itu kembali menyembul melalui anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), Stefanus BAN Liow.

Menurut putera Minahasa Selatan yang kini berkiprah di Jakarta ini, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut, seharusnya dari pejabat beragama Kristen. Alasan dia, di Sulut, mayoritas warganya beragama Kristen. “Harusnya, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut, dari pejabat beragama Kristen. Sebab, di daerah ini kan mayoritas warga beragama Kristen. Ini bukan diskriminatif tapi demi keadilan,” tegas Liow saat melaksanakan kunjungan kerja di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, dua pekan lalu.

Dikatakan Liow, aspirasi warga Sulut ini sudah pernah dia sampaikan ke Kementerian Agama RI. “Kebetulan waktu itu ada pertemuan dengan Menteri, saya sudah sampaikan langsung kepada pak Menteri. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut harusnya dari Kristen. Banyak teman-teman DPD RI, juga mendukung penyampaian saya ini,” terang Liow.

Dikatakannya pula, di Indonesia, tinggal Provinsi Sulawesi Utara yang Kakanwilnya bukan dari agama mayoritas. Sementara, daerah mayoritas lainnya, seperti Papua, Bali dan semua daerah di Nusantara, Kakanwilnya dari pejabat beragama mayoritas. “Mengenai siapa pejabat yang akan ditunjuk, itu tergantung Menteri Agama,” pungkas Liow.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed