Warga Manado Panik, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

Berita Utama322 views

Manado, Jurnal6 – Guncangan gempa berkekuatan Magnitudo 7.0, gemparkan warga Sulawesi Utara. Ribuan warga berhamburan keluar rumah dan gedung-gedung bertingkat. Kepanikanpun terjadi di pusat keramaian, Minggu (7/7/2019), Pukul 23:8:39 Wita.

Salah satunya terjadi di Kota Manado. Ribuan warga yang sedang berada di kawasan Mega Mas dan Manado Town Square, berlari meninggalkan kawasan tersebut. Pasalnya, dua pusat keramaian iti berada tepat di bibir pantai.

Banyaknya warga yang berupaya menghindari bibir pantai karena peringatan dini tsunami, membuat pintu keluar kendaraan ke jalan raya menjadi macet. Beberapa ibu-ibu terpaksa keluar dari kendaraan dan berlari mencari tempat yang aman.

Di kawasan Mega Mas, orang tua berlari sambil menggendong anak mereka. Teriakan kepanikan dan tangisan mewarnai tempat ramai di Manado itu. Karena takut kendaraan yang mereka tumpangi sudah terjebak macet, tak sedikit yang keluar dari mobil untuk cepat-cepat keluar wilayah berbahaya.

Lokasi lain yang juga tampak panik terjadi di bioskop Mantos. Banyak penonton yang langsung berdiri dan meninggalkan tempat duduknya. Salah satu artis terkenal yang berada di dalam bioskop adalah Komika Mongol Stres. “Sementara ba uni, samua so balari kaluar. Mar, percaya jo, kalau ada lebih dari 5 orang percaya, Tuhan pasti lindungi warga Manado dan Bitung, juga di wilayah Maluku Utara,” aku Mongol di akun sosial media miliknya.

Sekira 2 jam setelah BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami, wilayah Sulawesi Utara dan Maluku Utara, kembali tenang. Pada pukul 01:00 Wita, BMKG mengumumkan bahwa peringatan dini tsunami sudah berakhir. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan gedung.(rul mantik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *