Tol Cikampek Macet, Polda Metro Jaya Segera Berlakukan One Way ke Jakarta

Nasional216 views

Jakarta, Jurnal6
Arus balik ke Jakarta dimulai. Ratusan ribu kendaraan segera memasuki ibu kota negara. Kemacetanpun mewarnai pintu masuk tol menuju Jakarta.

Tol Cikampek salah satunya. Seluruh kendaraan baik dari Tol Cipali maupun Cipularang terhambat. Antrean panjang tak terhindarkan.

Untuk masuk pintu tol saja perlu waktu hingga berjam-jam. Pasalnya, kemacetan parah melanda jalur tersebut. Jikapun berjalan, paling cepat 5 kilometer per jam. “Macetnya luar biasa. Banyak kendaraan antre untuk ke Jakarta,” kata Boyke, kata seorang pengendara roda empat yang datang dari jalur tol Cipali.

Diperkirakan, kemacetan akan berlangsung hingga Minggu (9/6/2019) pagi. Pasalnya, peningkatan kendaraan ke tol Cikampek masih terus terjadi.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy pun turun tangan. Didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma Kumara, Kasatgas Operasi Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Gatot Eddy memeriksa arus balik di tol Cikampek.

Untuk memperlancar arus balik, kata Eddy, mereka akan melaksanakan sistem satu arah untuk arus balik. Sistem ini akan dilakukan mulai dari Cikampek Utara hingga Jakarta.

Seperti dikutip pada laman Merdeka.com, sistem one way akan dilaksanakan malam ini. “Jadi malam ini kita akan kembali lagi memberlakukan satu arah, mulai dari mana Cikampek Utara sampai dengan ke Jakarta. Nanti kendaraan-kendaraan dari Cikampek Utama kemudian Cibatu sama Cikarang Pusat akan kita tutup,” kata Gatot di KM 29, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019).

Sebelum diberlakukan satu arah, pihaknya terlebih dahulu mengecek jalur yang akan diterapkan satu arah. Mulai dari Cikampek Utara hingga Jakarta. “Masyarakat kita alihkan ke Jalan Pantura. Sementara yang lain bisa lewat jalan tol. Ini untuk mengurangi kendaraan-kendaraan yang ada di Tol Cikampek sehingga bisa mengalir lebih cepat masuk ke Jakarta. Sebentar lagi, ini Pak Wadirlantas sekarang mengecek semua yang bisa digunakan sudah jelas kita akan mulai untuk melakukan satu cara,” ujar Gatot.

“Ini kita mau sterilkan dulu sampai dengan tol KM 40. Begitu jelas di sana kita akan berlakukan satu arah, karena di daerah-daerah tol sudah cukup padat lalinnya,” sambungnya.

Untuk menerapkan sistem satu arah ini, pihaknya menutup beberapa gerbang tol yaitu Cikarang Barat, Cibatu dan Cikarang Pusat. “Itu yang akan masuk ke Cikampek, tapi kalau mereka mau masuk ke Jakarta masih bisa lewat ini,” sebutnya.(jrl/mdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *