oleh

Panada Manado Top 99, Masuk Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2019

MANADO,JURNAL6-COM- Di tahun ketiga memimpin kota Manado, duet Cerdas Walikota dan Wakil Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan, terus menoreh prestasi .

Buktinya , dalam upaya kedua tokoh politik mencapai Visi Manado Kota Cerdas 2021, terus memberi akselerasi dan peran strategis pada layanan publik berbasis teknologi informasi. Bahkan layanan inipun diharapkan akan dapat mendorong percepatan good goverment dan clean governance dinseluruh jajaran pemerintah Kota Manado.
Tak pelak, meski tak memiliki target khusus dalam kompetisi inovasi layanan publik, Portal Analisis Data Berbasis Peta (Panada) besutan Pemerintah Kota Manado melalui Bapelitbangda, mendapat perhatian khusus dari Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Tak tanggung tanggung Diah Analisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB mengemukakan bahwa berdasarkan pengumuman Nomor B/163/PP.00.05/2019 tanggal 21 Mei 2019 tentang Top 99 Inovas Pelayanan Publik Tahun 2019 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementrian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, serta rekapitulasi opini dan dukungan publik, maka Bapelitbangda Kota Manado bersama 19 unit layanan publik (ULP) pada kementrian, 5 ULP lembaga, 12 ULP Pemerintah Provinsi, 41 ULP Pemerintah Kabupaten, 20 ULP Pemerintah Kota, dan 1 BUMN, masing-masing dengan Judul Pelayanannya, dinyatakan sebagai TOP 99 PELAYANAN PUBLIK, yang selanjutnya akan ditetapkan dengan Keputusan Menteri PAN RB dan lolos pada tahapan Presentasi dan Wawancara.
Alhasil , terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Manado melalui Sekretaris Daerah Kota diundang untuk mengikuti Rapat Penyempurnaan Proposal dan Persiapan Tahap Presentasi dan Wawancara pada pertengahan Juni 2019 mendatang sejak diluncurkan pada akhir Agustus 2018,
“Panada Manado merupakan aplikasi simpul jaringan yang dikelola Tim Big Data Bapelitbangda di bawah koordinasi Dr. Liny Tambajong yang menghubungkan secara otomatisasi beberapa perangkat daerah yang melaksanakann pelayanan publik sepeeti DPMPTSP, Bapenda, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo, dan akan dikembangkan melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.” ucap Walikota GS Vicky Lumentut tatkala menerima penghargaan tersebut.


Selain itu katanya, Panada Manado menjadi aset berkelas karena dalam.kurun waktu 2 tahun terakhir menyabet 3 Bhumandala Award dan Indonesia Innovation Award 2019.

“Penghargaan ini merupakan kerja cerdas dari seluruh perangkat daerah dengan dukungan penuh masyarakat di Kota Manado,” pungkas Lumentut.


(Team Jurnal6.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed