Jeck Seba: Progres Verifikasi Administrasi Bacaleg Parpol Capai 65 Persen

Sangihe373 views

Sangihe, jurnal6.com

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) terus melaksanakan tahapan Pemilu 2024 setelah tahapan pengajuan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) saat ini proses verifikasi administrasi yang tengah berlangsung hingga 23 Juni 2023

Komisioner KPUD Sangihe, Jeck Stephen Seba dikonfirmasi, Selasa (30/5/2023) menjelaskan, untuk tahapan verifikasi administrasi bagi bakal calon yang diajukan partai politik progres yang mencapai 65%. Setelah tahapan verifikasi maka akan dilanjutkan perbaikan atau bahkan pergantian bakal Calon Legislatif atau ruang untuk parpol melakukan perbaikan mulai 26 Juni hingga 9 Juli mendatang.

“Verifikasi administrasi itu dari tanggal 15 Mei kemarin setelah jadwalnya setelah penerimaan pengajuan bakal calon dari jadwalnya itu sampai dengan tanggal 23 Juni, ada 38 hari Progres sekarang dari 14 Partai politik (Parpol) kurang lebih 65% verivikasi asmistrasi dan proses ini akan berjalan sampai dengan tanggal 23 Juni, setelah tanggal 23 Juni adalah ruang partai politik yang nanti akan kami sampaikan ke silon, dan ruang mereka akan mengajukan perbaikan atau pergantian untuk di tanggal 26 Juni, ruangnya sampai tanggal 9 Juli,” jelas Seba.

Ditambahkannya, sesuai data yang masuk ke KPUD Sangihe dari 14 partai politik di Sangihe yang mengajukan pencalonan anggota legislatif masih ditemui Parpol yang belum lengkap dalam pengisian calon untuk memenuhi 3 daerah pemilihan Dapil.

“Sebelum pihak KPUD Menyampaikan daftar calon sementara (DCS) maka parpol yang bersangkutan harus melengkapi semua kekurangan jika semua terisi hingga batas waktunya maka diperkirakan ada 350 calon anggota legislatif dari 14 parpol di Kabupaten Kepulaun Sangihe,” kata Seba.

Seba berharap semua tahapan dapat dilalui dan mendapatkan perhatian dari pengurus parpol agar dapat terakomodir pada pemilu 2024 nanti. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *