Sukseskan Program Upland Rp68 Miliar, Bupati Minsel Franky Wongkar Canangkan Penanaman Kentang di Modoinding

Minsel257 views

Amurang, jurnal6.com – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dipilih pemerintah pusat menjadi daerah sasaran program Upland. Wilayah yang dijadikan lokasi upland adalah Kecamatan Modoinding.

Dari program ini, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp68 miliar. Menurut Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, anggaran ini digunakan untuk pembuatan jalan, pengadaan alat berat dan biaya penanaman kentang.

Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar, mencanakangkan penanaman komoditi kentang. Pencanangan ini dilaksanakan di Modoinding, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minsel, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (17/11/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Development of Integrated Farming System di Kabupaten Minsel. Dalam kegiatan itu, Franky Wongkar ikut menanam bibit kentang di lahan sasaran program upland.

Kentang yang ditanam adalah kentang jenis unggul yang memiliki ukuran jumbo. Kentang jenis ini menjadi kentang kualitas ekspor.

Menurut Franky Wongkar, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kebijakan nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, kebijakan pertanian diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi.

“Termasuk memerhatikan kesejahteraan keluarga petani dan memerhatikan keberlanjutan sumber daya pertanian,” kata Franky Wongkar.

Dalam mencapai tujuan dan sasaran pembangunan, khususnya di bidang pertanian, dana pembangunan dapat bersumber dari beberapa pendanaan yang bersifat muliplier effect.

“Maka harus ditanamkan semangat untuk dapat mencapai target, agar kegiatan ini dapat menjadi succes story dengan meningkatkan kapasitas petani,” jelas Franky Wongkar.

“Kita berharap banyak inovaso dan produk yang akan dihasilkan,” imbuhnya.

Dijelaskan Franky, program Upland merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif dari pengembangan on-farm sampai off-farm.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, daya, inovasi serta pendapatan petani di daerah dataran tinggi,” terangnya.

Program Upland ini, tambah Franky Wongkar, dilaksanakan di 24 kabupaten yang tersebat di 7 provinsi. Dan Kabupaten Minsel termasuk dalam program nasional ini.

Ikut mendampingi Franky Wongkar dalam pencanangan penanaman kentang ini, Kepala Dinas Pertanian Franky Pasla dan Kepala Inspektur Kabupaten Minsel, Hendra Pandenuwu.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif para petani di Kecamatan Modoinding.

“Warga Modoinding sangat bersyukur menjadi daerah sasaran program upland dari pemerintah pusat. Sebab dalam program ini, warga akan merasakan keuntungannya.(csr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *