oleh

FKUB Tampil Terdepan Dukung Akselerasi Pembangunan, Penyelenggaraan Pemerintahan dan Jadi Wadah Samakan Presepsi

-Sangihe-26 views

Sangihe, Jurnal6
Kondisi Kekinian menyikapi kondisi kehidupan bermasyarakat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran mendukung terciptanya kondusifitas di daerah apalagi menyikapi berita hoax yang berpeluang mengganggu kehidupan masyarakat yang rukun dan damai.

Hal itu dikatakan ketua FKUB Ambrosius Makasar pada acara penandatanganan naskah hibah sebidang tanah dari Pemerintah kepda FKUB sekaligus dialog dengan tema “kerukunan moderasi beragama dan kearifan lokal” di Rumah jabatan Bupati, Kamis (17/6/2021).

STA GINOSKO

Sebagai organisasi masyarakat di bidang keagamaan FKUB tetap mengagendakan adanya dialog bersama pemangku kepentingan terlebih bagi pimpinan umat. Dialog dilakukan membahas semua isu yang berkembang di masyarakat sebagai kontribusi aktif dalam mendukung pemerintah menjaga kerukunan. 

“Jadi agenda ini sudah rutin cuma di setiap pertemuan itu selalu didukung oleh tema yang berbeda, tapi fokusnya adalah kerukunan tadi sebenarnya di trasing oleh bapak Bupati adalah bagaimana kita menampakan kerukunan itu mempengaruhi diseluruh tatanan kehidupan termasuk juga prilaku-prilaku yang menyangkut kearifan lokal, adat istiadat itu perlu dihidupkan kembali dalam merangka etika berumah tangga etika di masyarakat etika relasi antara anak dengan orang tua antara tetangga dan tetangga, ” ungkapnya. 

Ia menambahkan sesuai peran masing-masing pimpinan umat harus mampu memberi edukasi dan pencerahan kepada masyarakat pada umumnya dan dilingkup lembaga keagamaan. Setiap informasi yang berkembang di masyarakat harus bisa di tepis yang jeli melihatnya menempatkan kerukunan dan berpedoman kearifan lokal adat istiadat. 

“Memang sebenarnya sebagai umat beragama harus jelih melihat terhadap isu-isu atau berita-berita yang beredar di masyarakat apakah berita itu ada kebenarannya atau tidak. Jadi pimpinan-pimpinan umat itu harus memberikan edukasi kepada umat agar umat juga tidak terpancing dengan isu-isu kandangkala kita tahu kebenarannya,” ujarnya. 

Atas keberhasilan Pemerintah dan FKUB telah meraih penghargaan Harmoni Award sebagai komitmen bersama menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Sangihe. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed