oleh

FAS Puji Pelaksanaan Bimtek Anggota DPRD Yang Digagas Sekretariat Dewan Sulut

Jurnal6 Manado – Peningkatan kapasitas serta mengasah kemampuan sebagai wakil rakyat terus dilakukan DPRD Sulut.

Difasilitasi sekretariat Dewan, pimpinan dan anggota DPRD Sulut Selasa (27/4/21) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar di Mercure Hotel Tateli Minahasa.

STA GINOSKO

Bimtek Anggota DPRD Sulut yang berlangsung sehari penuh ini dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut Edison Humiang.

Kegiatan tersebut ikut menghadirkan dua nara sumber yakni staf ahli Mendagri bidang Kemasyarakatan dan hubungan antar lembaga Kemendagri Dr.Drs. Sugeng Haryono, M.Pd yang mengulas tentang
Pertanggung jawaban reses dan penyusunan pokok-pokok pikiran (pokir) serta motivator/profesional trainer Samsul Rahman MA.

Sugeng Haroyono dalam pemaparannya banyak mengulas teknis kegiatan reses bagi seorang anggota dewan yang dikomparasikan melalui pokok – pokok pikiran kepada pemerintah daerah.

“Sudah ditetapkan dalam undang-undang bahwa dalam kegiatan reses itu sudah dibagi. Yang dari provinsi seperti apa dan untuk DPRD kabupaten dan kota seperti apa. Jadi sudah tidak bisa lari dari ketentuan yang dilampirkan dalam undang-undang 23 tahun 2014 itu,” jelas Sugeng.

Lanjutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menjadi pegangan untuk para pimpinan dan anggota DPRD Sulut dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang mengemban tugas sebagai wakil rakyat terutama bagi mereka yang baru duduk di lembaga legislatif karena banyak hal baru akan didapati yang berhubungan langsung dengan tupoksi sebagai wakil rakyat.

“Seperti persoalan yang terjadi lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait juga dengan Perpres nomor 33 yang banyak mengurangi uang honor untuk pelaksanaan reses. Karena ini perlu juga untuk disampaikan kepada mereka (anggota DPRD) agar dalam menjalankan tugasnya, bisa lebih baik lagi dan menyelesaikan tugasnya dalam menampung dan meneruskan aspirasi warga,” katanya.

Sementara nara sumber lainnya Samsul Rahman banyak mengulas tentang analisis public speaking bagi anggota dewan dalam melakukan komunikasi dengan konstituen maupun dalam menyuarakan aspirasi rakyat di dalam gedung DPRD.

Dikatakannya public speaking pada dasarnya dapat digunakan untuk berbagai tujuan komunikasi, diantaranya membujuk (persuade), memberikan informasi (inform), dan bahkan sampai bisa dipergunakan untuk memberikan hiburan (to entertained).

Karenanya, public speaking bagi seorang anggota DPRD sebaiknya disampaikan dalam kalimat dan pesan yang terstruktur yang disampaikan dengan metode yang sistematis agar memudahkan para pendengar dalam memahami pesan yang disampaikan dalam bahasa formal yang jelas,

Kegiatan Bimtek yang digagas Seketaris Dewan Glady Kawatu, SH.M.Si dan jajaran ini mendapat apresiasi Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen SpB.KBD yang mengaku puas bahkan berakhir dengan sukacita dan kebahagiaan luar biasa.

” Di awal waktu kita memulai kemarin di Banmus ada semacam pendapat dari teman anggota termasuk yang menyatakan materi tidak begitu menarik sehingga dia tidak mau ikut, tapi ternyata hari ini membuktikan bahwa materi yang kita pilih sungguh luar biasa, ” puji Silangen

Ditambahkannya kegiatan Bimtek tersebut banyak hal didapatkan untuk menambah wawasan, pengetahuan, maupun penguatan kapasitas sebagai anggota Dewan seperti yang dipaparkan dua narsum terutama bagi mereka yang baru pertama kali duduk di legislatif.

“Saya yang memiliki latar belakang seorang dokter ahli bedah yang diberikan otoritas membuka dan menutup tubuh orang tidak pernah mendapatkan hal yang luar biasa seperti hari ini, ” ujarnya

Diapun berharap dengan adanya kegiatan tersebut kapasitas selaku anggota dewan lebih baik lagi, terutama karena ada hal-hal yang baru terutama dalam hal public speaking yang memang menjadi tugas wakil rakyat dalam menyuarakan aspirasi masyarakat.

” Saya menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada para nara sumber, serta seluruh teman-teman anggota dewan yang berkesempatan hadir,, saya yakin dan percaya apa yang kita dapatkan ini akan bermanfaat bagi tugas-tugas kita di dewan Provinsi Sulawesi Utara dengan satu tujuan masyarakat Sulawesi Utara semakin sejahtera. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed