oleh

Vaksin Astra Zeneca, sudah Disuntik pada 2.600 Warga Manado

MANADO,JURNAL6.COM- Dihentikannya sementara peredaran Vaksin penanganan Covid-19 Astra Zeneca di Sulawesi Utara termasuk di Kota Manado karena Vaksin ini dapat menimbulkan gejala Demam, Menggigil, Sakit Kepala, Badan terasa Lemas mendapat respon positif dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Ivan Sumendap Marthen, memang benar bahwa penanganan Covid-19 dengan mengunakan Vaksin Astra Zeneca sudah dihentikan sementara. Dimana, pihak Dinas Kesehatan Provinsi sudah melapor kepihak Kemenkes Republik Indonesia, sekaligus menunggu petunjuk serta penjelasan dari pihak Kemenkes mengapah Vaksin Astra Zeneca itu bisa menimbulkan efek samping.

STA GINOSKO

“Vaksin Astra Zeneca efek sampingnya sebesar 0,5 hingga 1 persen. Dan dari 10 orang yang disuntik, 1 orangnya setelah Kejadian Ikatan Pasca Imunisasi (KIPI) mengalami demam, menggigil , sakit kepala serta badan terasa sakit dan lemas ,” ucap Marthen.

Saat ditanya, sudah berapa banyak warga di Manado yang disuntik Vaksin Astra Zeneca ? Marthenpun menjelaskan, sedikitnya sudah ada 2600 an warga yang disuntik mengunakan Vaksin Astra Zeneca. Dan 141 warga masuk kategori KIPI.

“Pengunaan Vaksin Astra Zeneca , kami hentikan sementara sambil menunggu petunjuk Kemenkes,” pungkas Ivan. Sementara itu Surat dari Dinas Kesehatan Provinsi terkait penghentian sementara Vaksin Astra Zeneca, yang ditanda tanggani langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Dr Debie K.R Kalalo Msc,PH sudah beredar luas di dunia Maya , baik FB, IG maupun grup warga yang peduli dengan kesehatan.

(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed