Bupati Gaghana Sambangi Kantor KKP RI

Uncategorized607 views

Sangihe, Jurnal6
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, menyambangi kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP), Jakarta, Selasa (16/3/2021). Ini dilakukan Gaghana dalam upaya melalukan sinergitas  kegiatan dan program kerja Pemerintah Daerah (Pemda)  Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Kabupaten Sangihe diterima Dirjen PDSKP, Artati Widiarti. 

Rapat koordinasi dipimpin Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan RI (PDSKP) Artati Widiarti. Rapat digelar di ruang rapat Mina Bahari III  Kantor Kementrian Kekautan Perikanan  RI.

Dalam pertemuan tersebut Gaghana menjelaskan letak geografis Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai daerah perbatasan RI dengan Filiphina, yang memiliki potensi lautnya sebagai sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup luas dari pada sumber daya alam yang dimiliki.

“Karena itu sinergitas yang terbangun antara program dan kegiatan kementerian dengan Pemda Sangihe adalah penting dilakukan dalam rangka implementasi pelaksanaan program pemerintah pusat melalui Kementerian  KKP RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kata Gaghana.

Dijelaskannya, keberadaan keberadaan Cold Storage di Dagho yang berkapasitas 200 ton, hanya bisa menampung hasil tangkapan empat kapal nelayan lokal saja. Sedangkan kapal nelayan lokal di Sangihe ada sebanyak puluhan kapal. 

“Apabila semuanya mendapat ikan maka tempat penampungan tidak mampu lagi untuk menampung  hasil tangkapan nelayan,” jelasnya.

Bupati berharap apa yang diusulkan pemda untuk peningkatan kapasitas penampungan ikan yang sudah terangkum dalam proposal grand design gerbang ekonomi maritim Nusa Utara sebagai sumber ikan Nasional yang diserahkan Pemda dapat diterima oleh KKP, proposal ini telah diserahkan langsung kepada ibu Dirjen.

Sementara itu, Dirjen PDSKP Artarti Widiarti memberi apresiasi kepada bupati dan rombongan sudah datang jauh-jauh dari Sangihe menyampaikan usulan infrastruktur penunjang pembangunan perikanan.

“Harapan kami apa yang diberi pemerintah pusat melalui KKP di pelihara dan di gunakan demi peningkatan kesehahteraan masyarakat Sangihe,” ucapnya.

Turut nendampingi Bupati Sangihe dalam kunjungan  ke Kementerian KKP RI kepala Bapelitbangda Ir Fillixson P Gaghaube MSi, Kadis Kelautan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rentje Tamboto, Kabid Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan Perikanan Alferd Limpong.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *