oleh

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Walikota Manado Vicky Lumentut, All Out Tanggani Sampah Masyarakat

MANADO,JURNAL6.COM – Gerah dengan sebutan Manado Kota Darurat Sampah, Pemerintah Kota langsung beraksi secara sporadis sehingga penanganan sampah menjadi prioritas di Kota Manado saat ini. Buktinya Pemerintah Daerah Provinsi Sulut, Manado bahkan Minahasa saling bergotong royong membantu menyelesai kan permasalahan sampah yang membludak pasca cuaca ekstrim yang menyebabkan banjir dan longsor di Kota Manado, pada Januari lalu.
Jumat (5/2/2021) seluruh ASN dan THL lingkup Pemkot Manado turun membantu pembersihan sampah. Armada truk sampah yang dimiliki Pemkot Manado juga ditunjang dengan truk yang disiapkan Pemprov Sulut guna mengangkut sampah di beberapa wilayah yang telah menumpuk.


Sampah-sampah ini kemudian diangkut dan dibawa ke TPA Kulo di Kabupaten Minahasa. Pasalnya aktifitas pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo Kota Manado dihentikan sementara. Ini dikarenakan sampah di lokasi tersebut telah menumpuk hingga nampak seperti bukit.
Dua alat berat dari Pemprov Sulut dan satu dari Pemkot Manado diturunkan di TPA Sumompo untuk menata tempat tersebut sehingga diharapkan pada pekan depan sudah dapat digunakan kembali sebagai tempat pembuangan sampah.
Walikota Manado, GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat bersama instansi terkait turut memantau penataan sampah di TPA Sumompo, Jumat (5/2/2021). Sebelum ke TPA Sumompo, Walikota dan Sekda juga memantau proses pengangkutan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) Malendeng.
“Jadi satu dua hari kedepan sampah kita arahkan ke TPA Kulo di Minahasa. Sambil kita berupaya menata TPA Sumompo agar dapat digunakan kembali. Terimakasih untuk Pak Gubernur Sulut dan Bupati Minahasa yang mengijinkan TPA di sana menjadi tempat pembuangan sampah sementara dari Kota Manado,” ucap Walikota GSVL didampingi Sekda Lakat.
Upaya yang sedang dilakukan Pemerintah ini diharapkan juga didukung oleh masyarakat dengan disiplin dalam mengelola sampah.
“Saya memohon dukungan dari masyarakat Kota Manado. Karena tempat (pembuangan sampah) kita sudah terbatas, mari kita pilah sampahnya, ada sampah organik yang bisa diolah di rumah dan yang sudah tidak bisa diolah itu yang dibuang. Dan ada jam-jam buang sampah, mari kita disiplin membuang sampah” imbaunya.
Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat juga turut mendampingi Walikota dalam pemantauan ini. Sebelumnya Sekda telah mengumpulkan instansi terkait baik Dinas Lingkungan Hidup dan Camat se-Kota Manado untuk dapat saling berkoordinasi dengan baik dan bekerjasama dalam penanganan sampah ini.
“Kita berupaya maksimal untuk bisa menyelesaikan permasalahan sampah saat ini. Dan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa kita berharap masalah sampah ini dapat segera teratasi,” pungkas Sekda

STA GINOSKO

(Rogam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed