Banyak Kumtua dan Pejabat tak Netral tak Ditindak, Tokoh Pemekaran Minsel Kecewa

Minsel171 views

Jakarta, Jurnal6

Upaya membawa penjabat Hukum Tua (Kumtua) berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), Camat dan pejabat eselon pada posisi netral, gagal. Tak sedikit pejabat ASN di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang digadang-gadang menjadi “Tim Sukses” salah satu kandidat. Tak heran, aksi ‘baterek’ dilakukan sejumlah oknum ASN karena merasa tak tersentuh.

Kondisi ini memantik prihatin tokoh pemekaran Kabupaten Minsel, Inyo Koloay dan Hengky Rumengan. Menurut Koloay, pemerintahan saat ini telah gagal menertibkan pejabat ASN yang tidak netral.

“Masih banyak pejabat, baik Kumtua, Camat dan pejabat eselon dua, tiga dan empat yang tidak netral. Bahkan, ada yang sudah terbukti tidak netral oleh Bawaslu Minsel. Namun, hingga hari ini para pejabat itu tidak pernah diberi sanksi oleh penjabat Bupati Minsel sebagai orang yang berwenang memberikan sanksi. Jadi, menurut saya, Bupati telah gagal menertibkan ASN yang tidak netral,” tandas Koloay, saat bertandang di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Kekecewaan itu pun bakal berbuntut panjang. Koloay menegaskan bahwa secara pribadi, dia mencabut dukungannya terhadap pemerintahan Penjabat Bupati Minsel, Meki Onibala.

“Saya dengan tegas mau menyatakan bahwa saya mencabut dukungan saya kepada Penjabat Bupati Minsel. Sebab, dia telah gagal menjaga netralitas ASN, khususnya di kalangan pejabat eselon, camat dan kumtua,” semburnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Minsel, Meki Onibala, kepada wartawan jurnal6 Biro Minsel, mengatakan, dia tidak bisa mengganti pejabat tanpa adanya bukti kuat.

“Tidak semudah itu. Harus ada bukti kuat. Bawa ke saya buktinya, pasti saya tindaki,” ujar Onibala.(jrl6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *