DKPD Sulut Serahkan Bantuan kepada Nelayan Sangihe, Adam: Ini Murni Bentuk Kepedulian Pemprov

Minsel185 views

Sangihe, Jurnal6
Mendukung sektor kelautan perikanan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat nelayan di lima Kecamatan di Kabupaten Sangihe masing- masing Kecamatan Kendahe, Tahuna, Tabukan Utara (Tabut), Tabukan Tengah (Tabteng) dan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng). Seperti bantuan coolbox yang diserahkan langsung kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), DR Ir Tieneke Adam MSi bersama Tim Pengawasan dan Pengamanan Kejaksaan Tinggi Manado, Fien Ering SH MH kepada 20 masyarakat nelayan penerima.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Sulut, DR Ir Tineke Adam MSi ditemui di sela- sela penyerahan bantuan mengatakan, bantuan yang diberikan bagi masyarakat Sangihe murni bentuk kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemic COVID-19 terutama sektor perikanan yang sejauh ini yang terus berlangsung meski ditengah dampak virus corona memberi kontribusi positif terhadap pendapatan masyarakat. Untuk itu kata Adam, penguatan di sektor perikanan dan kelautan dinilai sangat strategis melalui pemberian sejumlah bantuan.

“Sangat penting kenapa sektor kelautan perikanan, karena sektor tersebut adalah sector unggulan, sektor menang dimasa pandemi saat ini. Coba kita lihat di masa pendemi kita tidak begitu terpengaruh, karena nelayan- nelayan kita tetap melaut, tetap kerja seperti biasa karena tidak ada COVID di air. Jadi kita ini salah satu sekctor pemenang yang jadi penggerak ekonomi daerah Sangihe karena Sangihe begitu besar potensi kalautan perikanannya dan lebih umum lagi untuk Provinsi Sulut,” ujar Tieneke.

Dia juga berharap, dengan diberikannya bantuan bagi masyarakat penerima, kiranya dapat lebih memotifasi untuk lebih giat dalam usahanya.

“Yang kami ingatkan, bantuan ini jangan di perjual belikan. Jagalah dirawat demi kelangsungan hidup masyarakat agar perekonomian masyarakat berkelanjutan. Khususnya dinas Perikanan dan Kelautan kedepan tetap memprioritaskan kebutuhan masyarakat nelayan di Sangihe dengan sejumlah program,” katanya.

Terpisah Tim Pengawasan Pengamanan Kejaksaan Tinggi Manado, Fien Ering SH MH dikonfirmasi sejumlah wartawan menyatakan sesuai surat perintah Kajati Sulut karena ini terkait penyerahan bantuan tugas kami melakukan pendampingan dan pengamanan dalam penyerahan bantuan tersebut.

“Jadi kami harus saksikan sendiri penyerahan bantuan ini tidak hanyadi titip- titip. Agar supaya bantuan yang diberikan kepada masyarakatmemang harus tepat sasaran, karena jangan sampai ada yang bertanya-tanya dia dapat bantuan saya tidak contohnya seperti itu. atau misalkan di kirim si A terus dapatnya si B, itu lah tugas kami sebagai pendampingan dan pengamanan,” tegas Ering.

Dari pantauan, Kamis (05/11/2020), sebelumnya kepala Dinas Kelautan dan Perikanan bersama rombongan juga menyerahkan bantuan mesin tempel 15 PK bagi para nelayan di Sangihe yang diserahkan di kediaman Pondopo Rumah Jabatan Wakil Bupati Sangihe, Helmud Hontong serta penyerahan Pas Kecil untuk 214 kapal ukuran kecil di Kabupaten Sangihe dan BPKP (Bukti Pencatatan Kapal Perikanan) yang diserahkan bersama kepala KUPP Kelas II Tahuna di kantor pelabuhan. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *