oleh

Terbesar di Indonesia Timur, Laboratorium Biomolekuler Unsrat Manado Beroperasi

-Manado-173 views

Manado, Jurnal6
LABORATORIUM Biomolekuler terbesar di Indonesia Timur ada di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang memiliki kapasitas jumlah sampel yang bisa diperiksa setiap harinya mencapai 1.000 sampel, hari ini Jumat (11/9/2020) resmi beroperasi. Peresmian fasilitas kesehatan untuk mendeteksi Covid-19 serta penyakit lainnya seperti kanker ini merupakan kerjasama antara Unsrat dan Pemprov Sulut. 

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengatakan, ada lima unit mesin PCR yang sebelumnya dimiliki Unsrat dan dioperasionalkan dapat meningkatkan volume pemeriksaan sampel Covid-19. Jumlah sampel yang bisa diperiksa setiap harinya mencapai 1.000 sampel.

“Ini sangat membantu masyarakat yang selama ini masih banyak yang menunggu hasil. Bahkan ada yang sudah meninggal tetapi belum ada hasilnya,” kata Olly.

Selanjutnya jika ada penambahan mesin PCR lagi di sejumlah lab lainnya di Sulut maka pemeriksaan sampel dapat mencapai 4.000-an. Termasuk dengan pemeriksaan di mobil PCR. “Banyak orang yang mengatakan Covid-19 ini sudah selesai, padahal faktanya masih terjadi penambahan kasus. Untuk itulah kita perlu antisipasi,” ujarnya.

Rektor Unsrat, Prof Ellen Joan Kumaat mengapresiasi kepedulian Gubernur Sulut yang sudah menyiapkan laboratorium biomolekuler di Unsrat. Menurutnya, latar belakang kerja sama yang baik antara Unsrat dan Pemprov Sulut merupakan bentuk kepedulian bersama dalam menangani pandemi.

“Unsrat memiliki SDM dan lima mesin PCR untuk mendeteksi Covid-19. Kemudian membangun lab PCR dan akhirnya ditingkatkan menjadi lab biomolekuler Bio Safety 2 plus berstandar WHO dengan bantuan Pemprov Sulut,” katanya.

Rektor berharap kerjasama ini bisa berkembang menjadi bio molekuler center yang akan mendukung pemeriksaan bio molekuler dianostics serta riset lainnya di bidang bio molekuler, dan juga di fungsikannya laboratorium ini akan terjadi percepatan kinerja dalam mendiagnosa penyakit. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed